get app
inews
Aa
Read Next : Partai Perindo Mabar akan Membuka Pendaftaran Bacabup dan Bacawabup Pada Pilkada 2024.

Puluhan Calon Wirausaha di Manggarai Timur Ikut Pelatihan Tata Rias dan Pangkas Rambut

Rabu, 01 Februari 2023 | 15:42 WIB
header img
Puluhan Peserta saat mengikuti pelatihan tata rias. Foto: iNewsFlores.id/Iren Leleng

Borong, iNewsFlores.id - Pada tahun 2023 ini Pemerintah Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), mencetak puluhan calon wirausaha baru melalui pelatihan tata rias dan pangkas rambut. Rabu (01/02/2023).

Diketahui pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, diikuti oleh 33 peserta Tenaga Harian Lepas (THL) yang tidak lanjut masa kerjanya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Alexander Kantar menjelaskan urgensi kegiatan pelatihan tersebut tentu untuk peningkatan kompetensi bagi peserta dibidang tata rias, sehingga pemerintah konsisten mendukung pelaku usaha melalui pelatihan berbagai bidang usaha, baik itu untuk meningkatkan keterampilan maupun pengelolaan dan manajemen usaha.

Kata Alex, melalui pelatihan ini, sebagai bekal untuk wirausaha yang sebelumnya berstatus THL.

"kebutuhan akan kecantikan tidak ada habisnya. Sehingga untuk menjawab kebutuhan tersebut, pemerintah menyelenggarakan kegiatan pelatihan tata rias."

Masih sambung Alex, saat ini lapangan pekerjaan yang semakin berkurang menuntut setiap orang untuk lebih kreatif dan inovatif serta mampu membaca peluang sesuai potensi diri dan kebutuhan pasar.

Oleh karena itu, ia berharap kepada peserta pelatihan dapat mampu mengimplementasikan manajemen usaha yang baik.

Terpisah, salah seorang peserta Hellenia, mengaku bersyukur atas perhatian dari pemerintah terhadap para THL yang tidak lanjut masa kerjanya pada tahun 2023 ini.

"Jujur saya pribadi merasa senang dengan adanya pelatihan tata rias dan pangkas rambut bagi kami THL yang tidak diperpanjang masa kerja."

Menurutnya, dengan terselenggaranya kegiatan pelatihan ini membuat dirinya bisa mengetahui merias atau rebonding rambut dengan baik sesuai dengan materi yang telah diterima.

Ia mengaku, jika modal usaha yang telah dianggarkan oleh Pemerintah, senilai Rp15 juta cepat cair, dirinya akan menjalankan usaha tata rias dan gunting rambut di tempat tinggalnya.

"Dan setelah nanti modal usaha kami THL sudah dicairkan saya akan membuka usaha salon di kampung."

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut