Logo Network
Network

Mitra Kerja Bantah Tanggapan PT WIKA Terkait Administrasi yang Belum Lengkap

Siprianus Robi
.
Selasa, 18 April 2023 | 08:04 WIB
Mitra Kerja Bantah Tanggapan PT WIKA Terkait Administrasi yang Belum Lengkap
Jalan Labuan Bajo Golomori. iNewsFlores.id/Istimewa

Labuan Bajo, iNewsFlores.id - Supplier material proyek penyediaan Jalan Labuan Bajo-Golo Mori, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) membantah klarifikasi dari PT Wijaya Karya (WIKA) tentang adanya kelengkapan administrasi yang belum lengkap menjadi alasan belum dibayarnya hak mitra kerja.

Toni salah seorang mitra kerja dari PT. WIKA mengaku kesal dengan alasan yang disampaikan oleh Manajemen PT Wijaya Karya (WIKA) terhadap kelengkapan administrasi proses pencairan uang tersebut.

"Mereka itu selalu berasalan admistrasi belum lengkap, sementara semua berkas yang mereka minta kami sudah lengkapi bahkan kami sudah menyetor administrasi itu sejak bulan Oktober 2022 dan sampai sekarang pun tidak pernah terealisasi," ungkap Toni saat ditemui di Labuan Bajo, Sabtu (15/4/2023).

Toni menyanyangkan klarifikasi yang disampaikan oleh PT WIKA bahwa alasan keterlambatan proses pembayaran uang ke rekanan kerja itu karena persoalan administrasi sementara saat ini semua berkas yang diminta oleh PT WIKA sudah terpenuhi semua.

"Saya bisa tunjukan bukti percakapan dengan pak Teguh bahwa semua berkas proses pencairan uang kami sudah lengkapi," ucapnya.

"Yang anehnya lagi, dalam pernyataan disampaikan kepada media bahwa persoalan kelengkapan administrasi sementara saya telpon dengan pak Teguh bahwa saat ini PT WIKA tidak mempunyai uang untuk membayar semua tagihan kami," lanjut Toni dengan nada kesal.

Ia mengatakan jika pihak PT WIKA tidak melunasi semua tagihan pembayaran material proyek maka jangan salahkan supplier dan para pekerja untuk mengambil kembali semua material yang telah dikerjakan.

"Jika mereka (PT WIKA) tidak melunasi uang kami maka kami akan ambil kembali semua material yang sudah dikerjakan," pungkasnya.

Sementara itu, Manajer Projek PT Wijaya Karya, Teguh Agung Lukmawan tidak merespon konfirmasi yang dilakukan oleh media ini melalui pesan WhastApp walaupun pesan konfirmasi yang disampaikan oleh media ini sudah dibaca dengan tanda centang biru.

Sebelumnya, PT Wijaya Karya (PT WIKA) menyampaikan surat klarifikasi soal pemberitaan mengenai belum dibayarnya hak pekerja di Proyek Jalan Labuan Bajo-Golo Mori.

Dalam surat yang diterima iNewsFlores.id, PT WIKA menyebut tidak pernah bermaksud melakukan upaya penundaan pembayaran.

"Mengenai tuntutan mitra kerja pada salah satu proyek yang dikerjakan Perseroan di Provinsi Nusa Tenggara Timur, dengan ini kami menyampaikan bahwa Perseroan tidak pernah bermaksud melakukan upaya penundaan pembayaran terhadap mitra kerja tersebut," ungkap perwakilan PT WIKA.

Perihal belum dapat dilakukannya proses pembayaran, menurut pihak PT WIKA, hal itu lantaran masih diperlukannya proses pemenuhan administratif yang telah disepakati dalam kontrak kerjasama oleh mitra kerja dengan Perseroan.

Sementara hingga saat ini, Perseroan telah melakukan pembayaran kepada mitra kerja Perseroan di proyek tersebut dengan nilai total sebesar Rp183,4 miliar untuk beberapa tagihan yang telah lengkap dokumen administratifnya.

Perusahaan senantiasa mendorong agar mitra kerja dapat memenuhi administrasi secara lengkap dan benar sesuai dengan tata kelola dan prosedur yang telah disepakati bersama.

Perusahaan juga terus melakukan pemberdayaan masyarakat setempat dengan selalu melibatkan mitra kerja lokal di sekitar wilayah aktivitas operasi Perusahaan.

Hal ini sejalan dengan salah satu program utama tanggung jawab sosial perusahaan yaitu untuk membangun UMKM setempat dalam setiap proses bisnis perusahaan.

Untuk diketahui, proyek pembangunan jalan Labuan Bajo-Golo Mori di resmikan oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo didamping Ibu Negara Iriana Joko Widodo pada tanggal 14 Maret 2023 lalu. 

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Presiden Jokowi  mengatakan pembangunan jalan Labuan Bajo ke Golo Mori dalam rangka mengembangkan konektivitas Labuan Bajo sebagai salah satu destinasi wisata super prioritas 

Presiden Jokowi mengatakan jalan sepanjang 25 Km yang menghabiskan anggaran 481 miliar tersebut dapat mengembangkan kawasan Labuan Bajo- Golo Mori sehingga pengembangan Labuan Bajo akan terdukung dengan fasilitas jalan yang sudah dibangun.

"Jalan ini sepanjang 25 Km dan menghabiskan anggaran 481 Miliar sehingga kawasan Labuan Bajo- Golo Mori akan berkembang dengan baik sehingga pengembangan Labuan Bajo akan terdukung dengan fasilitas jalan yang telah kita bangun," ungkapnya.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News

Bagikan Artikel Ini