get app
inews
Aa Read Next : Kisah Pilu Pasutri di Manggarai Timur Rawat Anak Cacat di Gubuk Reyot

Kemensos Kunjungi Nenek Rofina Esem Penderita Lumpuh di Manggarai Timur

Selasa, 18 April 2023 | 12:28 WIB
header img
Tim dari Kementerian Sosial saat mengunjungi rumah Nenek Rofina Esem, penderita lumpuh, Foto: iNewsFlores.id/Iren Leleng

Borong, iNewsFlores.id - Nenek Rofina Esem, warga Desa Compang Raci, Lamba Leda Timur, Manggarai Timur Nusa Tenggara Timur (NTT), penderita lumpuh, mendapat kunjungan dari Kementerian Sosial (Kemensos), melalui Sentra Efata Kupang.

Tim dari Kementerian Sosial, Try Susanto, Senin (17/04), kepada iNews mengatakan bahwa, tim dari Kementerian Sosial sudah mengunjungi nenek Rofina. 

Tujuannya untuk melakukan pemeriksaan medis nenek rovina dibarengi asesmen secara komprehensif untuk lingkungan dan sistem support lainnya, termasuk anak ibu Rovina, Silvanus Damus yang selama ini tinggal bersama ibunya di kampung melalui dukungan atensi berupa pemenuhan kebutuhan hidup layak dan rencana pemberdayaan peternakan ayam pedaging/ayam potong sebagai modal untuk meningkatkan penghasilan.

Sementara untuk ibu Rovina selain penanganan medis, kita berikan atensi pemenuhan kebutuhan pokok seperti sembako, sarung, kasur busa dan bahan kebersihan diri. Semua itu diterima yg bersangkutan diwakili oleh anaknya, feliks, yg ikut mendampingi sang ibu di RS Siloam

Lanjutnya, direkomendasikan ibu Rovina dan Silvanus, anaknya untuk dimasukkan dalam data penerima bantuan PKH.

Selain itu, Kemensos merekomendasikan pengajuan proposal Rumah Sejahtera Terpadu (RST).

Terpisah, Kepala Dinas Sosial Manggarai Timur, Matias Mingga, mengatakan bahwa, Kemensos melalui Direktorat Rehabilitasi Lansia dan Balai Efata Kupang dan divasilitasi oleh Dinsos Manggarai Timur, puskesmas Lawir ,dan pemerintah setempat telah bersinergi  untuk membantu kesehatan nenek Rofina Esem yang menderita lumpuh.

Matias menjelaskan bahwa, untuk biaya Rumah sakit  dibiayai oleh BPJS sedangkan untuk biaya keluarga yang menjaga pasien dibiayai oleh Kemensos dan Balai Efata Kupang. 

Matias juga berjanji akan mengajukan proposal bantuan perumahan untuk Rofina Esem.

"Setelah liburan, kami akan kirim proposal bantuan perumahan untuk mama Rofina ini. Memang, Kemensos kemarin janjikan terhadap ibu Rofina untuk bangun rumah layak."

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut