get app
inews
Aa Read Next : Kisah Pilu Pasutri di Manggarai Timur Rawat Anak Cacat di Gubuk Reyot

Krisis Air, Warga di Manggarai Timur Gunakan Air Bekas Kubangan Kerbau

Minggu, 16 Juli 2023 | 20:19 WIB
header img
Warga saat menimbah air di bekas kubangan kerbau, Foto: iNewsFlores.id/Iren Leleng

Borong, iNewsFlores.id - Warga Desa Golo Wune Kecamatan Lamba Leda Selatan, Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, saat ini mengalami kesulitan untuk mengakses air minum bersih. Saat musim kemarau warga setempat memanfaatkan air bekas kubangan kerbau untuk keperluan mandi, cuci dan kakus, bahkan untuk konsumsi.

Salah satu warga Dusun Watu Co’a, Sastriana Dety kepada iNewsFlores.id,  Minggu (16/07/2023) mengungkapkan bahwa selama ini warga di Desa Golo Wune, sudah menggunakan air bekas kubangan kerbau untuk penuhi kebutuhan sehari-hari.

“Kami tidak punya pilihan lain untuk memenuhi kebutuhan air minum. Kami andalkan air dari bekas kubangan kerbau,”  kata Dety.

Menurut Dety, siapa yang duluan mengambil air akan mendapatkan sesuai kebutuhannya, sementara itu warga lainnya harus menunggu kolam kecil itu kembali terisi air jika ingin menimba.

“Harus mengantri dan menunggu cukup lama agar jerigen-jerigen bisa penuh,” imbuhnya.

Sementara itu, Albert Rabilang dan Rikardus Karianus mengeluhkan hal yang senada dengan Dety. Albert dan Rikardus saat ditemui sedang berupaya mengalirkan air bersih dari mata air yang cukup jauh jaraknya menggunakan bambu belah.

“Kami ini sedang berusaha secara sukarela mengalirkan air ini dengan alat dan bahan seadanya. Lebih baik kami berupaya semampu kami untuk dapatkan air bersih. Mengharapkan program pemerintah adalah hal mustahil untuk saat ini,” ungkap Albert.

Rikardus juga menjelaskan, upaya mereka mengalirkan air pakai bambu belah merupakan kedua kalinya. Upaya pertama dilarang oleh pemilik mata air karena alasan untuk mengairi sawahnya.

“Sudah ada upaya sebelumnya. Namun, pemilik mata air mau alirkan air ke sawahnya, jadi jaringan bambu belah yang kami bangun pertama dibongkar. Sekarang baru kami bangun lagi untuk memenuhi kebutuhan kami dari sisi air bersih,” tandasnya.

Warga Watu Coa berharap agar keluh kesah mereka didengarkan oleh para pihak yang berwenang. Bukan hanya warga Watu Coa, warga pemukiman lain di Heso pun mengalami kesulitan air. Oleh karena itu, sangat penting agar kebutuhan air bersih bagi warga terpenuhi.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut