get app
inews
Aa Read Next : Dua Remaja Putri Kakak Beradik Tewas di Kamar Kos Akibat Longsor di NTT

NTT Lolos Pon XXI Aceh-Sumut Sebagai Juara Grup D, Sulsel Runner Up

Sabtu, 21 Oktober 2023 | 22:00 WIB
header img
Tim Pra PON NTT kembali lolos ke PON XXI Aceh Sumut 2024. Foto: iNewsFlores.id/Istimewa

Denpasar, iNewsFlores.id - Tim sepakbola putra Pra PON NTT kembali lolos berturut-turut menuju Pekan Olah Raga Nasional (PON) XXI di Aceh Sumut 2024, setelah di PON XX Papua sebelumnya juga lolos.

NTT berhasil juarai grup D kualifikasi cabor sepakbola PON XXI Aceh Sumut, sedangkanTim Bali merana meski menang 4-3 atas NTB. 

Bali back to back gagal ke PON. Kegagalan tahun lalu di PON XX Papua kembali terulang pada helatan tahun ini. 

Sebagai tuan rumah Pra PON, Bali justru gagal memanfaatkan kesempatan ini. 

NTT menjadi momok bagi Bali. NTT Kali ini lolos setelah meraih kemenangan atas NTB dan Bali. 

Pada tahun 2019, NTT yang menghentikan langkah Bali di Stadion Samudra Kuta Bali. Kini hal itu terulang kembali di Stadion Ngurah Rai Denpasar Bali, Kamis 19 Oktober 2023. 

Duel sengit dua tim berakhir untuk kemenangan NTT. TIm Pra NTT menang lewat gol semata wayang yang tercipta lewat own goal bek Bali, Muhammad Rangga Renaldho menit 29. 

Kemenangan ini memastikan tiket NTT menuju PON XXI Aceh Sumut tahun 2024. Laga terakhir hadapi Sulawesi Selatan tidak menentukan lagi namun NTT tetap tampil ngotot dengan materi terbaik seperti kalahkan Bali di match kedua Pra PON Grup D. 

Sementara itu, Sulsel berhasil meraih tiket runner up terbaik setelah kalahkan NTT dengan skor 2-1 di Stadion Kompyang Sujana Denpasar, Sabtu 21 Oktober 2023. 

Sulsel lolos sebagai satu diantara runner up terbaik dari grup D yang akan tampil di PON XXI Aceh Sumut. 

Sekum Asprov PSSI Sulsel, Ahmad Djafri menyatakan akan tampil terbaik pada PON XXI. Sulsel menargetkan emas cabor sepakbola. Ia menilai pemain Sulsel tampil baik dalam laga ini. 

Sementara itu, asisten pelatih Pra PON NTT Patrick Domal mengaku tim sudah memberikan yang terbaik dalam laga ini. Hanya saja beberapa belum mampu konversi menjadi gol. 

Manager Tim Pra PON NTT Ridwan Angsar mengatakan, setelah lolos PON XXI sebagai juara grup, dengan kondisi sekarang mimpi masyarakat NTT yakni medali emas PON. Dan tak ada yang tak mungkin, jika semua elemen dan Asprov PSSI NTT kerja keras.

"Kekuatan kami sempat diukur saat menang atas Jabar 2-0 dan menang atas Jami 1-0, anak-anak kerja keras dan bisa meraih tiket ke PON, " tegas Ridwan Angsar yang juga Aspidsus Kejati NTT ini.

Dia menambahkan, Slsaat Sulsel gabung grup ini, tim Pra PON NTT berpikir awalnya hanya menargetkan runner up terbaik saja sudah bagus, karena Sulsel barometer sepakbola Indonesia Timur , buktinya ada klub besar Liga 1 PSM Makassar, dan di Bali juga ada klub Bali United.

Pengawas pertandingan NTT vs Sulsel, Mufangat asal Kabupaten Kulon Progo,
menjelaskan dengan hasil pertandingan match ketiga, dipastikan NTT keluar sebagai juara grup D dengan 6 poin, Sulsel runner dengan 5 poin hasil, Bali dan NTB juru kunci grup. 

Terkait adendum penentuan lima runner up terbaik yang melangkah ke PON dari enam grup kualifikasi, Mufangat menjelaskan hitungan poin ini hanya diterapkan pada peringkat kedua setiap grup. Untuk posisi juara grup tidak diterapkan. Sehingga dari grup D dipastikan NTT sebagai juara grup. 

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut