get app
inews
Aa Read Next : Bangga Siswi SMAK St. Stefanus Ketang Meraih Juara 1 Olimpiade Bahasa Jerman

Siswi Ini Juara Usai Tulis Asal Usul Danau Sano Nggoang

Sabtu, 18 November 2023 | 18:44 WIB
header img
Yosephine F.A De Wangge (tengah) Siswi SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo saat menerima piagam penghargaan juara Satu Lomba menulis Cerita Rakyat tempat wisata di NTT, Jumat (17/11/2023). Foto: iNewsFlores.id/Siprianus Robi

Labuan Bajo, iNewsFlores.id Siswi SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo Yosephine F.A De Wangge meraih juara Satu (1) dalam kompetisi menulis cerita rakyat tempat wisata di Nusa Tenggara Timur yang diselenggarakan oleh Bank NTT.

Yosephine mendapat peringkat Satu (1) setelah menulis cerita asal usul Danau Sano Nggoang yang terletak di kampung Nunang, Desa Wae Sano, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat.

"Kompetisi ini merupakan salah satu kompetisi yang diselenggarakan Bank NTT dalam rangka mengumpulkan sejumlah cerita rakyat tempat wisata yang terdapat di Nusa Tenggara Timur," ungkap Kepala SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo, P. Agustinus Susanto Naba, SVD saat ditemui oleh iNewsFlores.id di Labuan Bajo, Sabtu (18/11/2023).

Pater Agustinus mengatakan Lomba ini diikuti oleh sejumlah peserta dari Sekolah Tingkat Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan di Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

Pater Agustinus mengucapkan terima kasih kepada Bank NTT yang menyelenggarakan kompetisi ini karena dengan kegiatan tersebut dapat mengasah kemampuan anak-anak sekolah lebih khusus dalam hal menulis.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bank NTT yang telah menyelenggarakan kompetisi seperti ini karena dengan kegiatan seperti ini dapat mengasah kemampuan anak-anak dalam hal menulis," ucapnya.

Ia juga mengatakan saat ini SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo selalu ikut semua kompetisi dan selalu mendapatkan juara.

"Kami selalu siap untuk mengikuti semua kegiatan atau kompetisi tingkat SMA dan SMK yang ada di Labuan Bajo, bahkan siswa kami kemarin mendapatkan peringkat satu lomba pidato," ungkapnya.

Kata Pater Agustinus dengan adanya perolehan peringkat pertama setiap kegiatan akan menambah motivasi untuk Siswa/i untuk selalu belajar.

"Dengan mendapatkan piagam penghargaan yang diperoleh oleh Yosephine ini akan memotivasi semua siswa/i di sekolah ini agar siap bersaing dalam kompetisi apapun," pungkasnya.

Tulis Cerita Sano Nggoang Terinspirasi dari cerita teman

Yosephine F.A De Wangge peraih peringatan Satu (1) kompetisi Kompetisi Tulis Cerita Rakyat Tempat Wisata di NTT menyebut dirinya menulis cerita setelah mendengar cerita dari temannya.

"Saya mendengar cerita tentang Sano Nggoang dari temannya saya, dan mereka selalu menceritakan juga tentang kampungnya mereka, kebetulan Bank NTT mengadakan kompetisi lomba menulis ini makanya saya coba untuk menulis cerita asal usul danau Sano Nggoang," ungkapnya.

Ia juga mengaku kaget setelah mendapat juara Satu (1) Lomba menulis cerita rakyat tempat wisata yang diikuti oleh 750 orang itu. 

"Saya juga kaget karena tidak menyangka mendapatkan juara Satu untuk lomba menulis ini yang diikuti oleh sekitar 750 orang dan cukup senang gitu," ucapnya.

Tak lupa Yosephine mengucapkan terima kasih kepada Kepala Sekolah SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo dan juga para guru yang telah membimbing dalam kompetisi ini.

Untuk diketahui, Danau Sano Nggoang merupakan danau vulkanik paling luas yang ada di Nusa Tenggara Timur. Danau ini memiliki luas sekitar 5.500 ha dan dianggap sebagai danau paling dalam di dunia dengan kedalaman 600 m. Di sepanjang Danau Sano Nggoang ini terdapat beberapa desa yang merupakan tempat tinggal para penduduk setempat.

Danau Sano Nggoang berada pada ketinggian 750 m di atas permukaan laut. Daya tarik yang dimiliki oleh danau ini adalah kandungan sulfurnya yang cukup tinggi. DI daerah danau wisata ini tercium bau belerang yang cukup menyengat. Oleh karena itu banyak pengunjung yang datang untuk menikmati sensasi pemandian dengan tujuan untuk memaksimalkan kesehatan kulit.

Selain mandi, masih banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan di kawasan wisata ini. Para pengunjung dapat melakukan tracking, menunggang kuda, fotografi dan juga mengamati burung. Dari sekian banyak aktivitas yang menarik tersebut, menikmati pemandangan menjadi hal utama yang banyak diminati pengunjung. Hal ini karena pemandangan alam yang disuguhkan di Danau Sano Nggoang ini masih sangat alami dan indah.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut