Banjir Lahar Terjang Dua Kecamatan di Kabupaten Sikka

Joni Nura
Banjir lahar Gunung Lewotobi Laki-laki menerjang kota Maumere di Kabupaten Sikka, NTT, sore tadi, Sabtu, (27/7/2024). Foto: iNewsFlores.id/Joni Nura

Maumere, iNewsFlores.id - Banjir lahar dingin Gunung Lewotobi Laki-laki terjang pemukiman Dulipali, Kecamatan Ile Bura, dan Klatanlo, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Sabtu, (27/7/2024), sekitar pukul 16.00 Wita,  warga pun panik hingga lari kejalan negara trans flores. 

Kepanikan pun sempat mewarnai aktivitas warga di sore tadi,  pasalnya hujan  yang sebelumnya menimpa pemukiman mereka tak seberapa lebat.

Aliran banjir yang deras mengalir dari arah Gunung Lewotobi Laki-Laki membuat warga di Dusun Tuakwiki dan Dusun Duri, Desa Dulipali langsung berkemas meninggalkan rumah untuk menjaga kemungkinan banjir lahar datang lebih banyak lagi.

Setelah beberapa jam kemudian, aliran banjir tersebut kian mengecil dan mengering meninggalkan tumpukan material yang diseretnya.

Rombongan Pemerintah Kabupaten Flores Timur yang melintasi ruas di wilayah pemukiman Dulipali itu pun menyempatkan memantau keadaan tersebut.

Kondisi serupa pun terlihat di Dusun B Desa Klatanlo dan di sekitarnya. Walau genangan banjir kian mengering, namun pada beberapa ruas jalan dan halaman penduduk terlihat endapan lumpur tebal.

Hingga saat ini warga masih bersiaga di lokasi banjir lahar dingin  karena masih terjadi hujan di puncak gunung  takut akan terjadi banjir susulan. 

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network