Hasil Survei LNBM, Edi-Weng Menempati Posisi Tertinggi dan Mario-Rikar Hanya 17,5 Persen

Siprianus Robi
Pasangan Bakal Calon Bupati Kabupaten Manggarai Barat Edistasius Endi dan Bakal Calon Wakil Bupati Yulianus Weng. Foto:iNewsFlores.id/Ist

Labuan Bajo,iNewsFlores.id- Menjelang Pilkada tahun 2024 pasangan Bakal Calon Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi dan Bakal Calon Wakil Bupati Yulianus Weng unggul diantara para bakal calon lainnya.

Hasil survei yang dikeluarkan oleh Lembaga Nusa Bunga Mandiri (LNBM) pasangan Edi-Weng mendapat elektabilitas tertinggi yaitu 82 persen sementara pasangan calon lain yaitu Mario-Rikar hanya mendapat 17, 5 persen sisanya belum menjawab.

Lembaga Nusa Bunga Mandiri (LNBM) melakukan survey pemilihan kepala daerah Kabupaten Manggarai Barat sejak tanggal  1 sampai 31  Mei 2024 melalui wawancara langsung, telepon, kuisioner tertulis dan secara online dengan melibatkan 1.300 responden dengan metode pengambilan sample acak atau Multi-stage Random Sampling dari populasi target dan pengumpulan data.

Untuk eletabilitas bakal calon bupati, Edistasius Endi menempati posisi tertinggi yakni 70 persen, disusul Mario Peranda 10 persen, Agus Sarifin 7 persen, Melkior Nurdin 5 persen, Darius Angkur, Bernadus Barat Daya, Iren Surya dan belum memilih masing-masing 2 persen. 

Sementara elektabilitas bakal calon wakil bupati, Yulianus Weng menempati posisi tertinggi yakni 81 persen, disusul Melkior Nurdin 9 persen, Richard Sontani 5 persen, dan belum memilih 3 persen. 

LNBM juga melakukan survei eletabilitas pasangan calon bupati dan wakil bupati, Edi-Weng meraih posisi tertinggi 82 persen sedangkan pasangan Mario Pranda-Richard Santoni (Mario-Richard) 17,5 persen, sisanya belum menjawab. 

Selain itu, hasil survei tingkat kepuasan kinerja pemerintah, puas dan sangat puas 79,1 persen; kurang puas 13,7 persen; tidak puas 5 persen dan tidak menjawab 2,2 persen. 

"Tingkat elektabilitas yang tinggi pasangan Edi-Weng 82 persen merupakan capaian yang sangat tinggi berkorelasi positif 79,1 persen, dengan capaian kinerja paslon ini selaku incumbent. Hal ini berarti tingkat kepercayaan masyarakat Manggarai Barat untuk pasangan calon Edi-Weng sangat besar" tulis dalam rilis hasil survei LNBM.

Untuk memperkuat temuan data kuantitatif dilakukan wawancara mendalam kepada beberapa tokoh kunci dan margin of eror 1,9 persen. Survei ini dilakukan pada 1 sampai 31 mei 2024. 

Penentuan jumlah responden atau sampel oleh tim LNBM mempertimbangkan faktor validitas dan tingkat kesalahan yang terkait dengan ukuran sampel yang di pilih. Tingkat akurasi dan keandalan data menjadi elemen kunci dalam menjaga integritas hasil survei.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network