Pilkades di Sikka Ricuh, Seorang Polisi Terluka

Joni Nura
.
Kamis, 21 Juli 2022 | 00:11 WIB
Seorang Polisi terluka akibat lemparan batu warga saat pengamanan Pilkades Desa Reroroja, Kecamatan Magepanda, pada Selasa (19/7/2022). iNewsFlores.id/Joni Nura

Sikka, iNewsFlores.id - Pemilihan kepala desa (Pilkades) di Desa Reroroja, Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka, ricuh. Peristiwa tersebut diwarnai dengan aksi keributan yang terjadi di TPS 5 Dusun Duli, Selasa (19/7) siang, dan akibat peristiwa ini seorang polisi terluka akibat terkena lemparan batu. 

Sejumlah warga yang namanya tidak terakomodir dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) melakukan aksi protes kepada panitia pemilihan. Mereka pun menuntut untuk ikut memilih dengan menggunakan KTP dan KK. 

Merasa haknya tidak terakomodir, warga pun melakukan aksi protes yang berujung keributan.

Informasi yang diperoleh, salah satu dari warga yang ditolak, Maria Nona Lely  keberatan terhadap Panitia. Tujuan kedatangan mereka ke TPS ingin mencoblos namun tidak diizinkan karena nama-nama mereka tidak terdaftar sebagai peserta pemilih. Dari pengakuan Maria Nona Lely, dirinya sudah 15  tahun tinggal di Dusun tersebut, meski sejak pagi menunggu di TPS bersama kurang lebih 30 orang, para warga tetap tidak bisa mencoblos.

Sementara itu saat dikonfirmasi wartawan melalui sambungan telpon pada Rabu, (20/7/2022) , Camat Magapenda, Kristianus Amstrong mengatakan, membenarkan ada kejadian keributan di TPS 05 Dusun Duli. Keributan terjadi karena akibat beberapa warga tetap menuntut hak pilih mereka yang tidak termasuk di dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), namun mereka berharap bisa memilih menggunakan KTP.

Dari keterangan panitia penyelenggara pihaknya sudah melakukan proses dalam penetapan DPT sejak awal Daftar Pemilih Sementara (DPS), dan diserahkan kepada panitia pemilihan di desa. Selanjutnya dilakukan verifikasi untuk melihat kira-kira ada pemilih yang juga mungkin pemilih tambahan.

Proses itu sudah dilalui semua menurut pengakuan panitia. Terakhir sampai dengan penetapan diumumkan untuk warga masing-masing termasuk setiap RT juga diserahkan data-data. 

"Kita tidak bisa keluar dari aturan, bahwa yang masuk dalam DPT wajib lakukan pemilihan, sedangkan yang di luar itu tidak bisa dilakukan walaupun datang menunjukkan KTP. Mereka yang tidak terakomodir lalu melakukan aksi dan sedikit ada keributan lalu pihak keamanan datang melakukan pengamanan," ujar Camat Amstrong.

Untuk menjaga kemungkinan adanya aksi protes lanjutan, semua kotak suara dievakuasi ke Maumere dan diamankan di Kantor Dinas PMD Sikka. 

Dalam pilkades Reroroja, calon kepala desa Florida Yosefina Ndena dipastikan unggul terhadap 2 calon lainnya. Cakades Florida mendapatkan dukungan 647 suara, Bernadus Kelan terpaut 1 suara yakni 646 suara, dan Cyrilianus Bajo memperoleh dukungan 495 suara pemilih.

Editor : Yoseph Mario Antognoni
Bagikan Artikel Ini