get app
inews
Aa Read Next : Bupati Mabar Lepas Tiga Siswa Atlantis International College Labuan Bajo Berkarir ke Luar Negeri

Hutan Bowosie Dijadikan Landmark Kawasan Biosfer Komodo

Senin, 25 Juli 2022 | 16:12 WIB
header img
Salah satu kawasan pariwisata terpadu BPOLBF di Hutan Bowosie, Senin, (25/7/2022). iNewsFlores.id/Yoseph Mario Antognoni

Labuan Bajo, iNewsFlores.id - Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF)berkomitmen menjadikan Hutan Bowosie sebagai landmark kawasan biosfer Komodo.

Menurut Direktur BPOLBF Shana Fatina, Hutan Bowosie tidak hanya diciptakan sebagai ruang bermain bagi manusia, tetapi juga untuk hewan dan segala macam habitat yang ada di dalamnya. 

"Menjadi komitmen BPOLBF merevitalisasi semuanya, sehingga ketika orang datang, akan kagum dan berkata oh inilah keanekaragaman hayati yang ada di Labuan Bajo dan Manggarai Barat," jelas Shana di Labuan Bajo, Senin (25/07/2022).

Pengelolaan Hutan Bowosie sebagai kawasan otorita telah dimulai dengan proses pembukaan akses masuk. 

"Karena memang BPOLBF sedang melakukan pengembangan kawasan yang basisnya ecotourism yang ramah lingkungan dan sangat memperhatikan siklus hidrologi," ujar Shana.

Menurut dia, pengelolaan kawasan Hutan Bowosie telah memperhitungkan berbagai dampak yang akan terjadi. 

Dia mengaku kaget ketika ada persoalan Hutan Bowosie di lahan otorita. Karena ketika meninjau tapal batas, ternyata sebagian besar sudah tidak ada hutannya. 

"Sehingga kami juga rada bingung yang disampaikan hutan itu yang mana. Orang-orang mungkin bertanya, kalau begitu badan otorita mengamini dong memanfaatkan hutan? Ya apa bedanya? Tentu tidak seperti itu," ujar Shana

Shana mengatakan, lahan otorita hanya memanfaatkan 17% dari total luas lahan yang diberikan KLHK. Sedangkan sisanya akan meremajakan kembali hutan tersebut.

BPOLBF sendiri, kata dia, memiliki program penanaman bambu. Bambu tentu saja berpotensial untuk dimanfaatkan demi meningkatkan taraf ekonomi. 

Shana menyebut, Flores merupakan pulau yang potensial dengan bambu. Meski begitu, hingga kini tidak cukup banyak resort yang mengelola bambu. 

"Ruang-ruang kosong ini juga akan menjadi integrasi showcase-nya bambu-bambu yang ada di Manggarai Barat, Flores dan NTT seluruhnya," jelasnya.

Terkait mata air di kawasan itu, Shana menyebut Hutan Bowosie memiliki luas sebesar 22 ribu hektare lebih. 

Dalam konteks cadangan air tanah dan tangkapan air hujan kata dia, semua pihak bisa melihat lokasi lahan otorita di Bowosie berada posisi mana.

"Nah, untuk posisi lahan otorita sendiri berada daerah distraksi atau tempat airnya keluar. Bukan tempat air itu ditangkap. Sementara untuk penangkapan air itu berada di kawasan keliling sana dan namanya masih hutan Bowosie," ujarnya.

Dia pun meminta semua pihak agar perlu melihat, jalur air itu berada di sebelah mana. 

"Sehingga ketika kita mengkonservasi misalkan pembalakan liar itu berada di daerah tangkapan air baru akan menyebabkan air tidak bisa mengalir dan siklus hidrologi akan terganggu air tidak akan keluar. Begitupun sebaliknya," jelasnya

Dia pun berkomitmen tidak akan menggunakan air tanah yang ada di lahan otorita. BPOLBF akan mengunakan air yang terkoneksi dengan SPAM perkotaan yang sudah didesain oleh Kementerian PUPR.

"Artinya lokasi yang akan kita bangun ini tidak menggunakan air tanahnya tetapi kita menggunakan air SPAM perpipaan di perkotaan," tegasnya.

Selain itu kata dia, pihaknya akan menggunakan sistem daur ulang air. Untuk air yang sudah terpakai akan digunakan lagi untuk penyiraman tanaman dan segala macamnya. 

"Dan titik-titik yang memungkinkan untuk penampungan air hujan kita akan maksimalkan," jelasnya

Shana menegaskan kembali bahwa pihaknya akan meremajakan kembali ekosistem yang ada. Upaya ini bertujuan agar keanekaragaman hayati dan cagar biosfer Komodo dimunculkan kembali. 

"Pertanyaannya adalah, misalkan saat ini burungnya ada 10, bisa nggak jadikan 100? Bisa dong. Gimana caranya? Kita ciptakan habitatnya. Itu yang saya sampaikan bahwa kita meremajakan kembali ekosistem yang ada, sehingga keanekaragaman hayati dan cagar biosfer komodo dimunculkan kembali," tegas Shana

Shana menyebut, hal ini menjadi tantangan bagi BPOLBF untuk pengembangan kawasan lahan otorita. 

"kita lihat alam ini sangat cerdas, dia bisa pulih. Sehingga kehadiran kami untuk mempercepat pemulihan tersebut. Sehingga dengan menjaga hutan di situlah kelestarian kembali dan akhirnya orang bisa melihat Labuan Bajo yang seratus tahun lalu dan kembali ke hari ini akan tetap sama," tambahnya

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut