Pariwisata Disebut Sebagai 'Prime Mover Economy'

Fransiskus Pahing
.
Jum'at, 05 Agustus 2022 | 12:12 WIB
Caption foto ; RD. Inosensius Sutam, Pr Kiri, Mengenakan Jas Songke Manggarai saat menghadiri Talk Show di RSPD Manggarai, Kamis malam. Foto: iNewsFlores.id/Fransiskus Pahing

Ruteng, iNewsFlores.id - Pariwisata merupakan Prime Mover Economy (penggerak utama ekonomi) karena itu industri pariwisata membutuhkan kanal promotif.

RD.Inosensius Sutam, Pr menjelaskan hal itu saat menghadiri kegiatan Talk Show di salah satu radio milik Pemda Manggarai pada, Kamis (4/8/2022) malam.

“Perhatian terhadap pariwisata sangat penting, karena pariwisata adalah prime mover yang akan memberi manfaat ekonomi dan sosial bagi masyarakat,” ujar dia.

RD. Ino juga memaparkan bahwa, dampak ekonomi dari industri pariwisata sangat berlipat-lipat dari kegiatan ekspor. 

Oleh karena itu, ia mengajak seluruh masyarakat Manggarai untuk memegang peranaan penting dalam melakukan dukungan konkret terhadap pengembangan industri pariwisata.

“Salah satunya, melalui kegiatan promosi melalui festival seperti yang sedang dijalankan di manggarai saat ini yakni festival kopi Manggarai,” cetus dia.

Ia menambahkan, kegiatan festival akan selalu dikaitkan dengan pariwisata. Bahkan, festival ini merupakan salah satu cara untuk mempromosikan pariwisata. 

“Dalam rangka menyukseskan cita-cita ini, perhatian pertama yang perlu ditingkatkan adalah aksesibilitas menuju objek wisata,” pungkas dia.

Pada kesempatan itu, ia juga memaparkan selain menjadi kanal promotif pariwisata Kabupaten Manggarai, dia juga menjadi spirit dan obat manjur untuk melawan dampak negatif pariwisata, serta mempertahan, mengembangkan, dan meningkatkan potensi pariwisata sehingga berbunga dan berbuah lebat.

Tak kalah penting menurut dia adalah ketersediaan informasi memadai tentang objek pariwisata pada suatu daerah. 

Menurutnya, sangat penting meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaat ekonomi yang bisa diperoleh dari pariwisata.

"Membangun kesadaran ini salah satunya dengan menciptakan festival karena akhirnya dapat membuka mata masyarakat, khususnya orang-orang muda akan potensi pariwisata yang ada.," tutupnya

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News

Bagikan Artikel Ini