Labuan Bajo Aman Dikunjungi, Bupati dan AWSTAR Pantau Bandara Komodo

Yoseph Mario Antogoni
.
Jum'at, 05 Agustus 2022 | 15:50 WIB
Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi (tengah), bersama anggota Asosiasi Wisata Angkutan Darat (AWSTAR) memantau Bandara Komodo, Jumat, (5/8/2022). Foto: iNewsFlores.id/Yoseph Mario Antognoni

Labuan Bajo, iNewsFlores.id - Meski sebelumnya terjadi perbedaan pendapat yang mengakibatkan adanya aksi protes terhadap kenaikan tarif tiket ke Pulau Komodo di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Asosiasi Wisata Angkutan Darat (AWSTAR) yang tergabung dalam Forum Masyarakat Penyelamat Pariwisata (FORMAPP) Manggarai Barat bersama Bupati Manggarai Barat (Mabar), Edistasius Endi, Jumat, (5/8/2022), memantau Bandara Komodo untuk melihat langsung situasi bandara yang sudah normal dan aman.

Sebelumnya diberitakan melalui media cetak, dan elektronik bahwa situasi di Labuan Bajo tidak kondusif karena adanya aksi protes masyarakat pelaku pariwisata yang menyebabkan Bandara Komodo berjalan tidak normal.

Melihat situasi ini Bupati Mabar bersama AWSTAR pun datang menyambangi Bandara Komodo Jumat siang tadi.

Pria asal Lembor ini menyampaikan pujian kepada seluruh anggota AWSTAR, dan meminta AWSTAR agar turut mengambil bagian menjaga stabilitas pariwisata Labuan Bajo.

"Saya menyampaikan kebanggaan saya kepada teman-teman AWSTAR yang telah mengambil bagian mendukung Labuan Bajo sebagai kota Pariwisata," ujarnya.

Baik Bupati dan AWSTAR bersepakat, bahwa Labuan Bajo adalah kota yang aman dikunjungi. 

"Tentu saya juga menyampaikan terima kasih kepada teman-teman AWSTAR atas komitmen menjaga keamanan dan ketertiban di Labuan Bajo," ujar Edi lagi.

Sebelumnya Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi mendatangi sekretariat AWSTAR pada Jumat pagi, (05/08/2022). Kehadiran Bupati Edistasius disambut baik oleh para anggota AWSTAR.

"Kedatangan saya ke markas AWSTAR itu bertujuan menjalani silaturahami dalam rangka merawat persaudaraan karena sejatinya kita adalah saudara," kata Bupati Edistasius.

Di tempat itu, Bupati Edistasius menyampaikan permohonan maaf bila beberapa pekan terakhir ada hal yang telah menimbulkan keresahan.

"Atas nama pribadi dan pemerintah saya sampaikan minta maaf atas segala hal yang tidak berkenan yang telah terjadi," ujarnya.

Bupati juga menyampaikan kebanggaannya kepada AWSTAR yang telah mengambil bagian mendukung Labuan Bajo sebagai kota Pariwisata.

Ketua AWSTAR Krispihorus Belo dalam kesempatannya juga menyampaikan apresiasi, permohonan maaf dan sekaligus terima kasih kepada Bupati Edistasius yang telah mengunjungi markas AWSTAR.

"Kami sampaikan terima kasih kepada bapak Bupati yang telah berkenan mengunjungi kami. Kami adalah anak dari bapak Bupati, kami mohon maaf bila ada dinamika atau situasi yang membuat ketersinggungan diantara kita. Kami minta maaf, sebagai anak tentu kami meminta bimbingan dari bapak Bupati untuk kebaikan bersama ke depannya," kata Ito Belo.

Selain itu, John Danil anggota AWSTAR menyampaikan beberapa permintaan kepada Bupati Manggarai Barat.

Pertama, meminta untuk beraudiens dengan Gubernur Nusa Tenggara Timur terkait polemik kenaikan tiket.

"Kita ingin tahu arah dan roh kebijakan ini seperti apa, kami sebagai pelaku jasa transportasi posisinya bagaimana," ujar John.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News

Bagikan Artikel Ini