Presiden dan Menkominfo Andalkan UMKM Lokal Bangun Destinasi Pariwisata Labuan Bajo

Yoseph Mario Antogoni
.
Minggu, 14 Agustus 2022 | 21:50 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate saat mengunjungi salah satu stan UMKM lokal ketika mengikuti Festival Golo Koe, di Labuan Bajo, Sabtu, (13/08/2022). Foto: iNewsFlores.id/Yoseph Mario Antognoni

Labuan Bajo, iNewsFlores.id - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mendorong dan mengandalkan  pelaku UMKM lokal mengambil bagian penting dalam pembangunan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Menurutnya, upaya tersebut menjadi salah satu perhatian serius Presiden Joko Widodo dalam pembangunan DPSP Labuan Bajo.

“Pembangunan pariwisata Labuan Bajo yang secara besar-besaran dan kencang dilakukan oleh pemerintah pusat, oleh Bapak Presiden menjadi lengkap kesuksesannya apabila masyarakat lokal juga mengambil bagian secara aktif di dalamnya. Bibit-bibit dan benih-benih itu ada, ini yang harus kita tumbuh-kembangkan dan kita koordinasikan,” ujarnya usai menghadiri Festival Golo Koe di Waterfront Labuan Bajo, Sabtu (13/08/2022) malam.

Menteri Johnny memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Manggarai Barat, yang telah berkolaborasi dengan tokoh agama serta masyarakat secara umum dalam menghadirkan kegiatan tahunan Festival Golo Koe. Terlebih lagi, kegiatan produktif seperti itu dinilai penting mengembangkan DPSP Labuan Bajo.

“Saya kira eksebisi seperti ini bagus sekali, apalagi Bapak Presiden sendiri sudah mengingatkan pembangunan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo harus juga menyentuh dan bersama-sama dengan masyarakat lokal. Karena ini adalah manifestasi atau ungkapan dari kesiapan dan kesediaan masyarakat lokal untuk mengambil bagian di dalam pariwisata,” jelasnya.

Menkominfo menilai berbagai persiapan untuk mendukung kegiatan festival harus terus dilakukan perbaikan jika akan dijadikan sebagai event tahunan oleh Pemda dan Keuskupan Gereja di Manggarai Barat.

“Dari pameran hasil karya dan produksinya dari waktu ke waktu harus ditingkatkan baik kualitas produksinya, kemasannya, informasi menyangkut produknya maupun branding dan kemasan. Itu yang perlu dilakukan dan saya kira Bapak Bupati (Manggarai Barat) tadi sudah berdiskusi dan akan menggerakkan instrumen dan kelembagaan yang dimiliki dalam koordinasi tentu dengan hirarki Gereja Manggarai, bagaimana supaya peningkatkan kualitas produksi mereka sehingga bisa menjadi subtitusi produk-produk yang dibutuhkan oleh pariwisata di sini,” ujarnya. 

Menkominfo kembali mengingatkan partisipasi langsung dan peibatan pelaku UMKM dan sektor pariwisata sangat menunjang DPSP Labuan Bajo. Oleh karenanya, kolaborasi antara pemerintah daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama termasuk dengan hirarki Gereja perlu terus ditingkatkan.

“Karena itulah saya secara khusus datang untuk mengikuti Festival Golo Koe yang dilaksanakan lebih dari seminggu ini. Termasuk didalamnya ada pagelaran seni tari, seni budaya, maupun pameran-pameran hasil karya ultra mikro dan UMKM,” tegas Menteri Johnny.

Dukungan Infrastruktur Digital

Menteri Johnny menyatakan, dengan tersedianya infrastruktur digital yang jauh lebih baik di Manggarai Barat dan secara khusus di Labuan Bajo saat ini, telah banyak UMKM lokal atau produksi karya artisan lokal memanfaatkan platform digital di marketplace.

“Ini harus terus juga dikembangkan, karena pameran dan eksebisi seperti ini juga memungkinkan produknya dikenal sehingga bisa dengan baik nanti masuk di dalam marketplace kita,” ujarnya. 

Menurut Menkominfo, dukungan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi juga dapat mendorong terciptanya talenta digital bagi masyarakat lokal. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Kementerian Kominfo telah menyediakan program peningkatan talenta digital melalui pelatihan dari tingkat basic hingga advance. 

“Saya menyarankan kepada pemerintah daerah dan Gereja Keuskupan Ruteng untuk mengambil bagian yang aktif di dalam peningkatan talenta digital khususnya melalui literasi digital, program Digital Talent Scholarship, program Digital Leadership Academy sehingga kebijakan-kebijakan digital di daerah bisa berkembang dalam tarikan nafas yang sama dengan kebijakan nasional,” tandasnya.

Dalam kunjungannya ke Festival Golo Koe, Menkominfo Johnny G. Plate didampingi Staf Khusus Menteri Philip Gobang. Tutur hadir Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng, Uskup Ruteng Mgr. Siprianus Hormat, Vikaris Jenderal Keuskupan Ruteng Romo Alfons Segar, dan Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores Shana Fatina.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News

Bagikan Artikel Ini