get app
inews
Aa Read Next : Kisah Pilu Pasutri di Manggarai Timur Rawat Anak Cacat di Gubuk Reyot

Hindari Calo, BPN Sediakan Layanan PILAR dan SI-PELAKOR

Rabu, 31 Agustus 2022 | 20:03 WIB
header img
Kantor BPN Manggarai Timur. Foto: iNewsFlores.id/Iren Leleng

BORONG, iNewsFlores.id -  Badan Pertanahan Nasional (BPN) Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) minta kepada masyarakat untuk menghindari calo dalam mengurus sertifikat tanah guna mencegah penipuan.

Terhadap hal itu, Badan Pertanahan Nasional Manggarai Timur, telah menyediakan akses Paket Informasi Layanan Pertanahan (PILAR). Selain itu BPN memberikan layanan Sistem Informasi Pengaduan Layanan Kantor (SI-PELAKOR).

Kepala Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Manggarai Timur, Jermias Haning menjelaskan bahwa PILAR bertujuan untuk meningkatkan kemudahan dalam mengurus dan berkomunikasi dengan petugas kantor pertanahan terkait dengan layanan Pertanahan.

Dijelaskannya, melalui PILAR masyarakat Manggarai Timur mendapatkan kemudahan mengakses; Syarat pendaftaran, download formulir dari mana saja, layanan konsultasi online gratis via WhatsApp, simulasi biaya layanan Pertanahan dan akses lainnya. 

Akses PILAR bisa buka melalui https:/linktr.ee/pilarmatim dan akses SI-PELAKOR bisa melalui bit.Iy/pengaduanlayananmatim atau scan barcode tertera.

Kata Jermias, kini semua dalam genggaman, dengan mengakses PILAR dan SI-PELAKOR Masyarakat Manggarai Timur dapat menghindari calo, serta dengan mudah mengurus dan berkomunikasi dengan petugas kantor pertanahan terkait layanan Pertanahan.

"Biasanya masyarakat jika mengurus dokumen pasti datang ke kantor dulu menanyakan prosedurnya. Sekarang ada kemudahan mengurus dokumen yang menjadi syarat dalam mengurus Sertifikat tanah yaitu inovasi PILAR dan SI-PELAKOR. Jadi masyarakat Manggarai Timur cukup mengakses dari rumah untuk kemudian diisi syarat yang diminta." katanya ketika dikonfirmasi awak media, pada Rabu (31/08).

Menurutnya, BPN Manggarai Timur tetap memberikan terobosan baru pada sistem kerja yang lebih mudah bagi Masyarakat Manggarai Timur sesuai dengan anjuran Bapak Menteri ATR/BPN bahwa bagi masyarakat yang sibuk sempatkan untuk mengurus sendiri dengan mengakses PILAR dan SI-PELAKOR dalam genggaman.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut