get app
inews
Aa Read Next : Puluhan Investor Bertemu Menparekraf Bahas Progres Pengembangan Investasi di DPSP Labuan Bajo

Menparekraf Bangga Wisman Borong Produk UMKM Peserta AKI 2024 di Labuan Bajo

Kamis, 08 Agustus 2024 | 19:19 WIB
header img
Menparekraf Sandiaga Salahhudin Uno saat mengunjungi salah satu stan UMKM dalam kegiatan Apresiasi Kreasi 2024 di Labuan Bajo, Kamis (8/8/2024). Foto: iNewsFlores.id/Siprianus Robi

Labuan Bajo, iNewsFlores.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024 yang sedang berlangsung di halaman Plaza Marina, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Di sela-sela mengunjungi _booth_ peserta AKI 2024, Menparekraf Sandiaga melihat langsung wisatawan nusantara bahkan wisatawan mancanegara asal Inggris memborong produk UMKM lokal.

"Saya tadi melihat tanpa disadari ada wisatawan dari Inggris beli UMKM Blimbingsari Creative Craft. Dan ini menunjukkan bahwa produk kita juga diminati oleh wisatawan," kata Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga mengatakan sejak tahun 2021, program AKI telah hadir memberikan bukti nyata pemerintah dalam mendukung perkembangan UMKM lokal, utamanya UMKM yang akan menembus pasar global. Diharapkan kehadiran AKI dapat mewujudkan pencapaian nilai produk ekspor ekonomi kreatif tahun 2024 yang ditargetkan mencapai 28 miliar dolar AS.

"Dan saya berharap kalian di sini juga berkolaborasi dengan para peserta lainnya dan masyarakat setempat sehingga produk-produk Bapak Ibu sekalian (peserta AKI) bisa mendapatkan potensial _buyer_ dan investor. Dan akhirnya kita ingin Indonesia memperluas produk-produk UMKM-nya tembus ke pasar global," kata Sandiaga.

Pameran AKI merupakan upaya Kemenparekraf memfasilitasi kolaborasi antara pelaku industri kreatif dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, swasta, dan komunitas kreatif. Hal ini diharapkan dapat menciptakan jejaring yang kuat dan mendukung pertumbuhan industri kreatif di Indonesia.

Pameran AKI Labuan Bajo berlangsung selama tiga hari mulai dari 8 hingga 10 Agustus 2024 dan diikuti 30 pelaku UMKM terpilih dari subsektor kriya, fesyen, kuliner, musik, serta film. 

Dalam pameran AKI, para peserta mendapat sesi diskusi "_creative talk_" bersama Direktur Tata Kelola Ekonomi Digital Kemenparekraf/Baparekraf, Yuana Rochma Astuti dan CEO & Co Founder Qasir.id, Rachmat Anggara. 

Adapula sesi "_fun talk_" bersama Fashion Business Program Director LaSalle College,  Cempaka Panastya dan Senior Copywriter, Veronica Gabriela. Dan sesi "_pentalk_" diisi oleh Plt. Direktur Utama BPOLBF, Frans Teguh; Co-Founder Trinity Academia, Ni Ketut Ali Astuti; dan Owner and CEO di Pesona Alam Timur, Ali Bufteim.

AKI Labuan Bajo turut menyuguhkan sederet kegiatan menarik seperti band performance Soulroots, Kamus Band, Arye De Siul, Toton Caribo dan Saykoji. Kemudian aerobik dan goyang ragam oleh instruktur Agatha. 

Hadir mendampingi Menparekraf Sandiaga, Deputi Bidang Industri Dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf, Rizki Handayani dan Direktur Tata Kelola Ekonomi Digital Kemenparekraf/Baparekraf, Yuana Rochma Astuti.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut