Pimpin Anev bulanan Bhabinkamtibmas, Wakapolres Mabar Tekankan Kepekaan Deteksi Konflik

Gecio Asale
.
Rabu, 07 September 2022 | 19:59 WIB
Suasana Anev Pelaksanaan Tugas Bhabinkamtibmas di wilayah hukum Polres Mabar di halaman Markas Komando Polres Mabar, Selasa (6/9/2022). Foto:/Humas Polres Mabar.

Labuan Bajo, iNewsFlores.id - Wakapolres Manggarai Barat (Mabar), Kompol Sepuh Ade Irsyam Siregar, memimpin Analisa dan Evaluasi (Anev) Pelaksanaan Tugas Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) di wilayah hukum Polres Mabar. 

Anev tersebut dilaksanakan di halaman Markas Komando Polres Mabar, Selasa (6/9/2022) siang, dihadiri oleh Kepala Satuan Pembinaan masyarakat Iptu Muhamad Yakub, Kasi Propam Ipda I Nyoman Budiarta dan seluruh anggota Bhabinkamtibmas. 

Kompol Sepuh Ade Irsyam Siregar mengatakan, Bhabinkamtibmas selaku perpanjangan tangan pimpinan di tingkat desa harus lebih peka dalam mendeteksi dan mencegah setiap konflik yang akan terjadi ditengah-tengah masyarakat. 

“Pada intinya tugas kita sifatnya lebih pada pencegahan daripada harus mengatasi atau menangani pada suatu konflik dan tidak ada pembiaraan pada suatu masalah maupun gejolak yang muncul di wilayah tugas atau wilayah binaan masing-masing,” katanya dalam keterangan yang diterima. 

Menurut Kompol Sepuh Ade Irsyam Siregar, dalam waktu dekat akan dilakukan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak di wilayah hukum Polres Mabar. 

Sehingga, setiap anggota Bhabinkamtibmas wajib untuk dapat memetakan kerawanan yang akan timbul pada saat masa kampanye maupun pemilihan kepala desa serentak. 

“Apabila rekan-rekan mengetahui ada provokator ingin melakukan provokasi yang dampaknya dapat mengganggu situasi kamtibmas, wajib kita memberikan penanganan, pengertian bahwa ada konsekuensi hukumnya, kalau sudah kita ingatkan satu kali dan masih juga berbuat seperti itu ya mohon maaf kita ambil tindakan tegas apalagi merusak demokrasi,” tegasnya. 

Menurutnya, oknum yang merusak tatanan masyarakat dan demokrasi, patut diberikan tindakan tegas, karena dapat dapat memperkeruh keadaan. 

“Ada provokator ataupun penghasut rekan-rekan langsung amankan bawa ke polsek atau polres, itu namanya diskresi rekan-rekan. Saya yang bertanggung jawab, tindakan itu dilakukan demi menjaga kondisi kita, tidak akan ada yang menyalahkan rekan-rekan, ini semua perintah dari pimpinan,” tegasnya.

Lebih lanjut, Wakapolres menambahkan, Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri saat ini berada di posisi 70 persen. Hal ini perlu ditingkatkan. 

“Kita terus membangun, harus kita jaga dan perlu ditingkatkan kembali, tetap jaga keteladanan di tengah-tengah masyarakat jadilah pengayom pembimbing bagi masyarakat sesuai dengan tupoksi dan bidang kita,” pesan Kompol Sepuh. 

Selain itu, berkaitan dengan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), Lanjut Kompol Sepuh, para bhabinkamtibmas dapat mendampingi kepala desa binaannya untuk menjadi agen sosialisasi kepada masyarakat mengapa pemerintah harus menaikkan harga BBM. 

“Agar disampaikan kepada masyarakat apabila ada pertanyaan, bahwa di bulan Januari 2022 kemarin dalam APBN untuk BBM Kita ditetapkan sebesar Rp 152 Triliun tapi perkembangan yang ada sampai pada detik ini harga minyak naik demikian drastis yang diakibatkan oleh beberapa hal salah satunya tingginya Permintaan BBM saat ini,” terang Kompol Sepuh. 

Lebih lanjut, menindaklanjuti apa yang menjadi kebijakan pemerintah, akan diberikan dana talangan seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT), bantuan kepada para pekerja dengan syarat gaji bulanannya minimal Rp 3,5 juta merupakan pekerja pada suatu bentuk usaha, yang terakhir bantuan kepada para supir angkutan, para supir ojek online kemudian angkutan umum dan lain-lain yang sifatnya di bidang angkutan. 

“Sosialisasikan bantuan yang akan diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat, bahwa dana bantuan langsung (Bantalan) sosial oleh Kementrian Dalam Negri, sudah di setujui oleh Menteri Sosial, kita berkoordinasi dengan para kepala desa untuk dapat mendatakan masyarakat yang layak untuk menerima bantalan tersebut,” pintanya.

Mantan Kapolsek Kelapa Lima itu mengharapkan, semua anggota Bhabinkamtibmas dapat melaksanakan tugas dengan semangat, ikhlas dan cerdas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di desa binaannya.

“Ketika kita bekerja dengan ikhlas, apapun itu bentuknya balasan dari Tuhan Yang Maha Esa pasti akan ada hikmahnya, sepanjang kita tidak berhenti berbuat baik di tengah-tengah masyarakat,” katanya.

 

Editor : Yoseph Mario Antognoni
Bagikan Artikel Ini