Miris, Siswa di NTT Gelar ANBK di Hutan karena Internet Bermasalah

Iren Leleng
.
Selasa, 20 September 2022 | 00:39 WIB
Orang tua siswa, guru, dan siswa SMPN 11 Elar membangun tenda di tengah hutan untuk persiapan ANBK. Foto: iNewsFlores.id/Iren Leleng

Borong, iNewsFlores.id - Jaringan internet di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) terlebih khusus di Kabupaten Manggarai Timur (Matim) bermasalah, hingga saat ini masih menjadi persoalan serius. Akibatnya dua sekolah di Kecamatan Elar Selatan, Kabupaten Manggarai Timur  terpaksa melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer, (ANBK) di tengah Hutan.

Data yang berhasil dihimpun media ini pada Minggu (18/9/2022) dua sekolah yang akan melaksanakan ANBK di hutan yakni, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN )11 Elar yang terletak di Umandawa, Desa Sangan Kalo, Elar Selatan, dan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Satap Wela Pandang yang terletak di Bebong, Desa Golo Linus, Kecamatan Elar Selatan.

"Selama dua hari, orang tua siswa dan rekan guru bahu membahu membuat tenda menggunakan alat seadanya demi melaksanakan ANBK siswa di Sekolah ini," kata salah satu guru yang enggan disebutkan namanya.

Kata dia, meski ditengah hutan, namun disini jaringan internet lumayan lancar.

"Di sekolah jaringan memang ada, tapi untuk akses internet sangat susah. Makanya kami memilih untuk melaksanakan ANBK di tempat yang jaringan internet lumayan lancar seperti di tengah hutan begini," jelasnya.

Kendati demikian, ia berharap agar persoalan seperti ini segera ditanggapi oleh pemerintah. "Kasihan kalau setiap melaksanakan ANBK selalu di tengah hutan," pungkasnya.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini