Polisi di Mabar Diminta Jaga Ucapan dan Tindakan Saat Pengamanan Pilkades

Gecio Asale
.
Selasa, 27 September 2022 | 14:24 WIB
Kapolres Mabar, AKBP Felli Hermanto, saat memimpin apel pengecekan dan pelepasan 207 personil pengamanan Pilkades tahun 2022 di Halaman Mako Polres Mabar, Selasa (27/9/2022). Foto: iNewsFlores.id/Gecio Asale

Labuan Bajo, iNewsFlores.id - Kepala Kepolisian Resor Manggarai Barat (Kapolres Mabar) AKBP Felli Hermanto, menegaskan kepada seluruh personil pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahun 2022 untuk tidak melakukan tindakan atau mengeluarkan ucapan yang berlebihan yang dapat menimbulkan permasalahan yang fatal. 

Menurutnya, personel kepolisian cukup dengan mengimbau dan memberikan penyampaian dan pengertian kepada masyarakat sehingga pelaksanaan Pilkades di setiap tempat pemungutan suara (TPS) bisa berjalan dengan aman dan baik. 

“Tugas kita hanya melaksanakan pengamanan dan fungsinya mengamankan dan kita betul-betul secara teliti memperhatikan jika terdapat sesuatu yang tidak sesuai dengan pelaksanaan kegiatan Pilkades yang semestinya dan terdapat gangguan apapun itu yang berpotensi menimbulkan masalah agar segera diamankan dengan tindakan yang humanis dan di proses sesuai hukum dan aturan yang berlaku” ucap Kapolres Mabar saat memimpin apel pengecekan dan pelepasan 207  personil pengamanan Pilkades tahun 2022 di Halaman Mako Polres Mabar, Selasa (27/9/2022). 

Pilkades tahun 2022 di Kabupaten Mabar, lanjut AKBP Felli, memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas karena dilaksanakan secara serentak.

Dalam kacamata kamtibmas peningkatan intensitas kegiatan politik di tingkat desa, kata dia, tentunya dapat memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan di antaranya yang cukup menjadi perhatian bagi Polri adalah pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu-isu yang dapat memecah belah kerukunan warga.

Untuk itu, pihaknya mengharapkan agar para personel melakukan penegakan hukum secara profesional dan proporsional baik terhadap dugaan tindak pidana pilkades, maupun potensi pelanggaran hukum lainnya guna menjamin stabilitas kamtibmas yang kondusif. 

“Kita perlu sikapi dengan profesional baik itu TNI-Polri, linmas dan instansi terkait. Artinya harus benar-benar mempersiapkan diri agar dapat bekerja sama dengan baik, pahami tugas dan tanggung jawab, pahami lingkungan tempat tugas rekan-rekan serta pelajari dinamika sosial yang ada,” beber AKBP Felli 

Kapolres Mabar menambahkan, Pilkades yang dilaksanakan secara serentak membutuhkan pengamanan yang cukup ekstra Polres Manggarai Barat yang dibantu dari unsur TNI dan stakeholder terkait serta membutuhkan banyak personil pengamanan untuk 102 Desa yang akan melaksanakan Pilkades. 

“Dalam pengamanan harus bersinergi dengan instansi terkait, agar Pilkades terlaksana dengan baik. Perlu diketahui bahwa tahapan pilkades serentak terdapat potensi kerawanan yang harus menjadi perhatian khusus. Dan kita berharap Pilkades serentak 2022 berjalan aman, damai dan lancar,” ucapnya. 

Diakhir sambutannya, Kapolres Mabar berpesan Kepada seluruh Personil agar selalu mengutamakan keselamatan dalam melaksanakan tugas. 

Untuk diketahui, personil Polres Mabar akan mengamankan 310 TPS dari 102 desa yang melaksanakan pemilihan kepala desa.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Waka Polres Kompol Sepuh Ade Irsyam Siregar, S.H.,S.I.K.,M.H, Kabag Ops AKP Roberth M. Bolle, Kabag Ren AKP Didik Riyanto, Kabag Logistik AKP Markus Malik, Kasat Intelkam  Iptu Markus Frederico Sega Wangge, Kasi Propam Ipda Nyoman Budiarta, Kasi Humas Iptu Eka Dharma Yudha. 

 

Editor : Yoseph Mario Antognoni
Bagikan Artikel Ini