IFG Gandeng Pelajar dan Pelaku Pariwisata 'Garuk' Sampah di Pantai Pede Labuan Bajo

Gecio Asale
.
Sabtu, 01 Oktober 2022 | 20:01 WIB
Suasana Aksi bersih sampah di Pantai Pede Labuan Bajo, Kabupaten Mabar, Sabtu (1/10/2022). Foto: iNewsFlores.id/Gecio Asale

Labuan bajo, iNewsFlores.id - Indonesian Financial Group (IFG) menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Sabtu (1/10/2022). 

Kali ini, IFG bersama ratusan pelajar dan karyawan hotel Labuan Bajo melakukan aksi pungut sampah di sepanjang Pantai Pede dan sekitarnya.

Aksi pungut sampah tersebut merupakan rangkaian kegiatan menyambut IFG - Labuan Bajo Marathon 29 Oktober 2022.

Koordinator Bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) IFG - Labuan Bajo Marathon, Abdul BarikBarik mengatakan, kegiatan sosial itu diinisiasi oleh IFG dengan melibatkan pemerintah setempat, pelaku UMKM, pelajar, tokoh pendidik, tokoh masyarakat dan pegiat lingkungan.

"Jadi ini kegiatan berkelanjutan dari IFG untuk bersama-sama membantu dalam hal lingkungan khususnya dalam pengolahan sampah," kata Abdul Borik. 

Sebelumnya, lanjut Abdul Barik, IFG telah melaksanakan kegiatan literasi edukasi terkait dengan pengolahan sampah khususnya sampah palstik. Mengingat Labuan sebagai kota Super Premium maka persoalan sampah menjadi salah satu persoalan serius yang harus diselesaikan dengan baik di kota ini.

"Kami meyakini jika pengolahan sampah ini ditangani dengan baik maka slogan dari kata bisa, bersih, indah, sehat dan aman  otomatis akan meningkatkan portopoilo jumlah wisatawan yang akan ke Labuan Bajo," ujarnya.

Kegiatan ini, demikian Abdul Barik merupakan kegiatan berkelanjutan dari IFG bersama pemerintah setempat dan beberapa komunitas yang dilakukan sepanjang tahun 2022. 

Menurut Abdul,  kebersihan lingkungan menjadi fokus perhatian IFG karena kebersihan dan kerapihan fisik kota menjadi salah satu elemen pendukung sekaligus faktor penarik mekarnya aktivitas industri turisme di Labuan Bajo.

"IFG sendiri hadir di Labuan Bajo sebagai perhatian terhadap masalah lingkungan juga fokus di bidang  pendidikan  dan UMKM," tutupnya.

Untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat menyambut baik IFG Labuan Bajo Marathon 2022 yang berkonsep sport tourism ini. Ajang ini juga direncanakan akan menjadi kegiatan marathon tahunan.

"Kami sangat mendukung dan kami yakin, ajang ini akan memajukan pariwisata dan perekonomian di Manggarai Barat, khususnya Labuan Bajo,” kata Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi, dalam siaran pers, Rabu (28/9/2022) lalu. 

Selain itu, pihaknya juga mengapresiasi sejumlah kegiatan peduli lingkungan yang dilakukan sebagai Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) IFG sebagai BUMN Holding Asuransi, Penjaminan dan Investasi, dan masuk dalam rangkaian acara IFG Labuan Bajo Marathon 2022. 


IFG Labuan Bajo Marathon 2022 menawarkan lomba Marathon, Half Marathon, 10km, 5km, EKIDEN, dan Kids Dash yang bisa diikuti kalangan profesional, pemula, hingga keluarga. Lomba ini akan menjadi lomba yang memiliki kontur menantang dan pemandangan alam berkelas dunia dengan lingkungan kepulauan Komodo sebagai latar belakang.

 

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News

Bagikan Artikel Ini