get app
inews
Aa Read Next : Kisah Pilu Pasutri di Manggarai Timur Rawat Anak Cacat di Gubuk Reyot

Menteri Sosial akan Temui Dua Anak Penyandang Disabilitas dari Manggarai Timur

Jum'at, 09 Desember 2022 | 19:12 WIB
header img
Dua anak penyandang disabilitas Yohanes Fokundus Koko (16) dan Ignasius Niki (14) terbaring lemah di rumahnya. Foto: iNewsFlores.id/Iren Leleng

Borong, iNewsFlores.id - Kisah pilu dialami oleh Yohanes Fokundus Koko (16) dan Ignasius Niki (14), keduanya mengalami cacat fisik sejak usia tujuh tahun.

Dua bocah ini adalah putra dari pasangan suami istri (Pasutri) Bapak Laurensius Koe dan Ibu Maria Yasinta Titu asal Lingkodia, kelurahan Kota Ndora, Kecamatan Borong, Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menurut Maria Yasinta Titu, kedua anaknya mengalami cacat fisik setelah usia tujuh tahun. 

“Yohanes Fokundus Koko alami sakit secara fisik itu memasuki usia tujuh tahun, dan setelah itu adiknya nyusul. Mereka mengalami kelainan fisik dan tidak normal sampai sekarang,” tuturnya.

Yasinta mengisahkan bahwa, pada tahun 2019, donatur atau relawan bersama keluarga berupaya melakukan pemeriksaan medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ben Mboi Ruteng dan mendapat tindak lanjut pelayanan kesehatan berupa tindakan medis dan pemberiaan obat-obatan.

Saat itu katanya, tenaga medis menyarankan kepada pihak keluarga untuk melakukan pemeriksaan di rumah sakit rujukan untuk penanganan medis yang lebih maksimal. Namun hingga saat ini keluarga tidak bisa melakukan pemeriksaan lanjutan sesuai saran dokter karena terkendala biaya. Mengingat kedua orang tua anak tersebut bekerja sebagai petani.

Merasa tergerak hati, Polres Manggarai Timur, melalui Kasi Dokkes, Bripka Heribertus A.B.Tena, S.Tr.,M.Si., langsung mengunjungi rumah kedua anak penyandang disabilitas pada bulan lalu.

Heri, mengatakan kunjungan di kediaman keluarga Yohanes Fokundus Koko dan Ignasius Niki merupakan bentuk inovasi pelayanan kepada masyarakat sebagai bagian dari tugas kemanusiaan memperhatikan sesama yang membutuhkan.

“Hasil kunjungan itu sudah kami laporkan ke Pemerintah daerah dan ke Sentra Efata Kupang untuk mendapat perhatian Kementerian Sosial melalui Dirjen Rehabilitasi Sosial Sentra Efata Kupang,” jelas Bripka Heri kepada iNews, Jumat (09/12/2022).

Alhasil kata Bripka Heribertus Tena, Menteri Sosial Tri Rismaharin dikabarkan akan menemui keluarga Lorensius Koe. 

Jelasnya, pertemuan tersebut akan direncanakan di Kota Kupang, dan dijadwalkan pada pekan depan.

Berdasarkan informasi Pihak Balai Sentra Efata Kupang Kementerian Sosial RI dan Kitabisa.com perihal Keluarga Bapak Lorensius Koe warga Lingkodia RT 009 RW 003, Kelurahan Kota Ndora, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur yang akan bertemu Ibu Menteri Sosial RI, pihak Kitabisa.com dan Stakeholder lainnya yang direncanakan dilaksanakan minggu depan bertempat di Kota Kupang.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut