get app
inews
Aa
Read Next : Kisah Pilu Pasutri di Manggarai Timur Rawat Anak Cacat di Gubuk Reyot

Meski Berterimakasih kepada Menkominfo, Bupati Matim Keluhkan Signal

Kamis, 22 Desember 2022 | 20:53 WIB
header img
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate (dua dari kanan saat di terima secara adat di Kabupaten Manggarai Timur. Foto: iNewsFlores.id/Iren Leleng

Borong, iNewsFlores.id - Meski telah berterimakasih kepada Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate atas bantuan dan program dari Keminfo, namun Bupati Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Andreas Agas tetap mengeluhkan jaringan signal yang tidak stabil di daerah pelosok. Akibat hal tersebut mengakibatkan gangguan terhadap ujian di sekolah-sekolah.

Dalam kunjungan kerjanya Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengungkapkan, infrastruktur telekomunikasi dan internet adalah salah satu pilar utama percepatan tranformasi digital nasional. Dengan selalu memberikan perhatian dan pembangunan pada daerah-daerah yang selama ini masih tertinggal.

"Kita berharap pembangunan BTS 4G ini segera dapat mendorong efektifitas dan produktifitas masyarakat dengan melakukan aktivitas secaraoh digital" kata Johnny G Plate dalam sambutan saat kunjungan kerja dan sosialisasi BTS 4G di Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, Kamis (22/12/2022).

Menteri Jhonny menyatakan ground breaking merupakan rangkaian awal dalam membangun infrastruktur BTS serupa di seluruh Desa/Kelurahan wilayah tertinggal terdepan, tertular (3T) di Indonesia, yang selama ini belum terlayani jaringan sinyal 4G khususnya di Kabupaten Manggarai Timur.

"Pembangunan Infrastruktur tersebut dibangun pemerintah melalui Badan AKsebilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo dengan sumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)," jelasnya.

Teknologi komunikasi dan informasi berkembang pesat dan semua aktivitas hamper pasti bersentuhan dengan teknologi komunikasi dan informasi.

Cara kerja yang cepat dan tepat menjadi keharusan, penguasaan tekhnologi adalah keniscayaan.

Oleh karena itu, Pemerintah juga saat ini dituntut untuk bekerja cepat dan tepat dengan prinsip efektif, efisien dan tepat guna dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Sementara itu, Agas Andreas Bupati Manggarai Timur mengucapkan Terimakasih kepada Menkominfo yang telah membangun tower BTS pada tahun 2019, 2021 dan 2022 di 76 desa di Manggarai Timur.  

"Terimakasih juga untuk pemasangan akses internet di 51 titik pada lembaga pendidikan, SMP dan SMA, Puskesmas 22 Titik, kantor dan tempat wisata 5 titik. Untuk Manggarai Timur jumlah layanan internet gratis yang telah beroperasi di 78 lokasi," ucapnya.

Pada tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur telah mengusulkan akses internet gratis melalui Bakti Kominfo untuk 143 lokasi.

"Tahun 2022 kami juga telah mengusulkan akses internet gratis melalui Bakti Kominfo untuk 143 lokasi," jelasnya.

Selama tahun 2022  ini juga Kementrian Kominfo telah menginisasi berbagai kegiatan di Manggarai Timur seperti  Seminar, Bimtek, Literasi Digital, Workshop, Pelatihan Digitalisasi Sector Wisata dan Pelatihan UMKM Go Digital.

Semuanya bertujuan untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat terkait pemanfaatan teknonlogi baru dan meningkatkan kecakapan digital  masyarakat dalam berinteraksi di ruang digital .

Dirinya juga menyampaikan bahwa di Manggarai Timur masih terdapat wilayah blankspot dan keluhan tentang sinyal tidak selalu stabil juga masih sering terdengar terutama saat ujian sekolah dan saat penyampaian laporan atau koordinasi ke pusat.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut