get app
inews
Aa Read Next : Timnas Indonesia Puncaki Klasemen Group A Piala AFF 2022 usai Bungkam Brunei Darussalam 7-0

Laga Indonesia vs Thailand Rasa Final Piala AFF 2020 Segera Tersaji Kamis Besok

Rabu, 28 Desember 2022 | 21:17 WIB
header img
Full Back Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar (kiri) berduel dengan pemain winger Thailand, Bordin Phala pada pertandingan leg pertama final Piala AFF Suzuki 2020 di Stadion Nasional Singapura, Rabu (29/12/2021). Foto: iNewsFlores.id/Istimewa

Jakarta, iNewsFlores.id - Laga antara Timnas Indonesia kontra Thailand yang digelar di Stadion GBK Jakarta pada Kamis besok (29/12) pkl. 17.30 WITA merupakan pengulangan final Piala AFF tahun 2020 lalu. Meski laga tersebut merupakan lanjutan babak fase group A Piala AFF 2022.

Sebelumnya pada laga final Piala AFF 2020 lalu, Thailand berhasil meraih juara usai mengalahkan Indonesia dengan akumulasi skor 6-2 setelah bermain dua leg. Pada leg pertama, Thailand berhasil menggilas Pasukan Garuda dengan skor meyakinkan 4-0. Sementara pada leg kedua, Indonesia hanya mampu bermain imbang 2-2.

Karena itu menjelang laga besok, Shin Tae-yong menganggap pertandingan ketiga timnas Indonesia di Piala AFF 2022 melawan Thailand bermakna krusial terhadap peluang anak asuhnya melaju ke babak semifinal turnamen yang diikuti negara-negara Asia Tenggara itu. Bahkan, Shin Tae-yong menganggap bahwa setiap laga yang dijalani timnas Indonesia di Piala AFF 2022 merupakan final.

Kini, Indonesia berada di runner up klasemen sementara Grup A Piala AFF 2022 dengan koleksi enam poin, setelah memenangkan dua laga sebelumnya melawan Kamboja dan Brunei Darussalam. Indonesia harus berada di posisi runner up karena kalah selisih gol dari Thailand sebagai pemuncak klasemen Group A.

Melihat posisi di klasemen, laga Indonesia vs Thailand akan krusial untuk menentukan siapa yang akan duduk di posisi pertama Grup A Piala AFF 2022. Karena itu, pelatih Indonesia, Shin Tae-yong, begitu serius menatap laga kontra Thailand.

Apalagi, lawan yang dihadapi merupakan juara bertahan Piala AFF 2020 dan kandidat kuat kampiun turnamen pada tahun 2022 ini. "Sebenarnya ini baru dua match dan match ketiga lawan Thailand dan ini sangat penting," ujar Shin Tae-yong setelah pertandingan melawan Brunei Darussalam, seperti dilansir Kompas.com Senin (26/12/2022).

Ia menjelaskan, seusai pertandingan ketiga akan terlihat bagaimana gambaran semifinal dan final Piala AFF 2022. Juru taktik asal Korea Selatan ini menganggap semua pertandingan yang dijalani adalah laga final. Ia juga berharap para pemainnya memiliki pemikiran serupa. "Tapi saya selalu fokus ke setiap pertandingan. Seperti di pertandingan lawan Brunei ini saya anggap seperti final," pungkas dia.

Sementara itu, Pelatih Thailand Alexandre Polking optimis bisa memenangkan pertandingan tersebut. Juru taktik keturunan Brasil-Jerman ini optimistis membawa Thailand menang atas Timnas Indonesia. Alexandre Polking menilai Thailand mempunyai kualitas untuk menumbangkan Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Demi memenangkan pertandingan, Alexandre Polking bakal mematangkan taktik yang bakal digunakan.

“Kami akan menghadapi pertandingan penting melawan Timnas Indonesia pada 29 Desember. Mulai sekarang, kami perlu menganalisis data, mencari perbaikan sebelum menghadapi Indonesia,” kata Alexandre Polking.

Ia mengatakan, dirinya memimpin tim dengan tujuan memenangkan pertandingan. Ia juga mengakui memiliki kualitas untuk memenangkan laga bahkan ingin meraih kemenangan dan bermain untuk bersenang-senang. "Mudah-mudahan di pertandingan melawan Indonesia kami mendapatkan tiga poin,” tegas pelatih yang membawa Thailand juara Piala AFF 2020 ini.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut