Logo Network
Network

YCAB Foundation, BRI, Grab, dan PT HIN Berkolaborasi Berdayakan UMKM di Labuan Bajo

Siprianus Robi
.
Jum'at, 20 Januari 2023 | 22:10 WIB
YCAB Foundation, BRI, Grab, dan PT HIN Berkolaborasi Berdayakan UMKM di Labuan Bajo
Mastercard, YCAB Foundation, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Grab, dan PT Hotel Indonesia Natour (HIN) berkolaborasi untuk memberdayakan UMKM lokal di Labuan Bajo, Jumat, (20/1/2023). Foto: iNewsFlores.id/Siprianus Robi

Labuan Bajo, iNewsFlores.id- Mastercard, YCAB Foundation, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Grab, dan PT Hotel Indonesia Natour (HIN) berkolaborasi  memberdayakan komunitas Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui program pelatihan, Jumat, (20/1/2023)

Sebanyak 100 UMKM dilibatkan dalam pelatihan yang berlangsung selama dua bulan yaitu November dan Desember 2022.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno menyatakan dukungannya terhadap kegiatan tersebut.

"Saya mengucapkan sukses untuk program Power Up The MSMEs yang tercipta untuk membantu 
meningkatkan kualitas UMKM lokal di destinasi pariwisata. Terima kasih untuk kolaborasi yang sangat 
baik dari YCAB Foundation, Mastercard, BRI, Grab Indonesia, Bank Indonesia, dan HIN dalam menunjang 
laju pertumbuhan UMKM di salah satu Kawasan Super Prioritas, yaitu Labuan Bajo, yang diharapkan dapat 
meningkatkan lapangan kerja untuk mendukung pengembangan usaha UMKM lokal," 

CEO dan Pendiri YCAB Foundation Veronica Colondam berujar, kepuasan terhadap program ini sebesar 98 persen, karena pelatihan kali ini menggunakan pendekatan berbeda, yakni dengan hadirnya pelatihan bahasa Inggris," ujarnya.

Dirinya berharap, pelatihan itu dapat meningkatkan kapasitas pelaku UMKM dalam menjalankan usaha sekaligus menunjang sektor pariwisata lokal. 

YCAB Foundation percaya bahwa dengan kekuatan pendidikan dan pelatihan, sektor pariwisata di Indonesia dapat berdaya.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan partisipasi mitra-mitra yang telah turut aktif mendukung program ini,” ujar Veronica.

Sementara itu, Direktur Bisnis Konsumer BRI, Handayani mengungkapkan bahwa, kolaborasi itu merupakan bentuk 
dukungan terhadap pariwisata Indonesia. BRI memiliki Kartu Kredit BRI Wonderful Indonesia yang 
dilengkapi dengan berbagai fitur dan program untuk mendukung gaya hidup individu yang ingin menjelajahi keindahan berwisata di Indonesia. 

Terdapat 5 pilihan desain Kartu Kredit BRI Wonderful Indonesia, diantaranya kartu dengan desain Labuan Bajo, Candi Borobudur, Kawasan Wisata Bromo, Danau Toba, serta Mandalika. 

"Dengan bertransaksi menggunakan KK BRI Wonderful Indonesia, nasabah dapat memperoleh keuntungan dalam bentuk auto conversion Traveloka Point, Double Point untuk 
transaksi di merchant kategori travel dan hotel, serta welcome bonus sebesar 250.000 Traveloka Point untuk transaksi pertama,"ujar Handayani.

Disamping jelasnya, program pelatihan UMKM di Labuan Bajo ini dapat terlaksana tidak terlepas dari dukungan pengguna setia Kartu Kredit BRI Wonderful Indonesia dan Mastercard.

Menariknya, setiap kelipatan transaksi Rp1.000.000 yang dilakukan oleh nasabah dengan Kartu Kredit BRI Wonderful Indonesia dalam periode program 1 Oktober sampai dengan 15 November 2022, Mastercard mendonasikan sebesar Rp100.000,- untuk mendukung kegiatan pelatihan.


Dikesempatan serupa, Neneng Goenadi, Country Managing Director, Grab Indonesia mengatakan, diaplikasi Grab sendiri pihaknya percaya,
bahwa kota-kota kecil adalah masa depan Indonesia, termasuk Labuan Bajo dan kota-kota Destinasi Super 
Prioritas lainnya.

"Harapannya dengan membekali para pelaku UMKM lokal di Labuan Bajo dengan keterampilan kewirausahaan, mereka dapat 
memperoleh manfaat dari era ekonomi digital," ucapnya.

Melalui program itu juga ia berharap, pelaku UMKM tidak 
hanya mampu mengembangkan usahanya, tapi juga dapat mengakses pasar yang lebih luas, sehingga pada akhirnya akan memberikan dampak menyeluruh terhadap pertumbuhan ekonomi daerah," tutupnya.

Sementara itu, Christine Hutabarat, Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour, mengatakan, sejalan 
dengan momentum pemulihan dan pengembangan kembali industri pariwisata pasca pandemi Covid-19, PT Hotel Indonesia Natour (HIN) memiliki komitmen dan tanggung jawab moral untuk mendukung 
kebangkitan industri pariwisata melalui strategi peningkatan aksesibilitas, amenitas, dan atraksi.

HIN yakin melalui kegiatan kolaborasi yang dilaksanakan bersama YCAB Foundation, BRI, Mastercard, dan Grab, yang bertujuan meningkatkan kemampuan dan kapabilitas UMKM di Labuan Bajo dalam aspek 
komunikasi dan pemasaran.

"Ini akan mendukung pengembangan kualitas, kreativitas, serta jangkauan pemasaran produk dan kerajinan khas UMKM Labuan Bajo, sebagai salah satu destinasi wisata super prioritas - secara berkelanjutan," kata Christine.

Diakhir rangkaian acara penutupan kegiatan hari itu, Navin Jain selaku President Director, PT Mastercard Indonesia menerangkan, Pemerintah telah mempersiapkan 
Labuan Bajo sebagai destinasi wisata baru di Indonesia. 

Selain mengoptimalkan atraksi wisata di kota tersebut, dinas pariwisata daerah juga terus memperkuat kapasitas kelembagaan dan masyarakat. 

"Mastercard sangat senang bekerja sama dengan YCAB Foundation, BRI, Grab, dan HIN untuk mendukung upaya pemerintah dengan membekali UMKM lokal di Labuan Bajo dengan keterampilan yang diperlukan untuk memberikan pengalaman terbaik kepada wisatawan asing, serta mengembangkan bisnis mereka," ungkapnya.

Inisiatif ini juga memperkuat komitmen Mastercard untuk memajukan pertumbuhan ekonomi inklusif dengan mendukung UMKM yang kurang terlayani dan membantu mereka membuka potensi ekonomi digital Indonesia.

Program pelatihan untuk UMKM di Labuan Bajo juga merupakan bagian dari komitmen global Mastercard 
untuk menjadikan satu miliar orang dan 50 juta UMKM bagian dari ekonomi digital pada tahun 2025. Di Indonesia, melalui program Mastercard Academy 2.0, sebuah program unggulan dari Mastercard Center for Inclusive Growth, Mastercard telah membantu lebih dari 77.000 UMKM bertransformasi secara digital 
sejak diluncurkan pada tahun 2019, dan membantu mereka untuk bertahan dan berkembang selama dan setelah pandemi. 

Dengan pencapaian ini, Mastercard akan melanjutkan momentum tersebut dengan menjangkau lebih banyak lagi UMKM Indonesia di tahun-tahun mendatang.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.