get app
inews
Aa Read Next : Caleg Terpilih DPRD Sikka Diduga Terlibat Tindak Pidana Perdagangan Orang

Kasus DBD di Sikka Meningkat Drastis

Minggu, 05 Februari 2023 | 14:30 WIB
header img
Terpantau, puluhan pasien dirawat intensif di RSUD TC Hillers Maumere akibat terserang virus DBD. Foto: iNewsFlores.id/Joni Nura

Maumere, iNewsFlores.id - Kasus demam berdarah dengue (dbd) di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, mengalami peningkatan. Bayangkan, total kasus DBD selama bulan Januari 2022 mencapai 120 kasus. 

Terpantau, puluhan pasien dirawat intensif di RSUD TC Hillers Maumere akibat terserang virus DBD. Para pasien ini didominasi oleh anak-anak usia 1 tahun hingga 15 tahun. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka, Petrus Herlemus, mengatakan kasus DBD mengalami peningkatan selama bulan Januari 2023.

Peningkatan ini terjadi setelah anak-anak melakukan kegiatan pembelajaran di sekolah. 

Hingga saat ini, kata dia, jumlah kasus DBD mencapai 120 kasus. Dia pun memperkirakan  kasus DBD masih akan terus mengalami peningkatan seiring tidak menentunya  musim hujan di wilayah Kabupaten Sikka.

Dengan adanya peningkatan kasus DBD ini, Pemkab Sikka telah mengeluarkan imbauan agar warga waspada terhadap ancaman virus ini. Warga juga diminta untuk semakin ketat menerapkan pola 3 M plus. 

Sekadar diketahui, 3M Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti; Pertama, Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan. Kedua, Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk. Ketiga, Menggunakan kelambu saat tidur. Keempat, Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk. Kelima, Menanam tanaman pengusir nyamuk. Keenam, Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah. Ketujuh, Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut