Labuan Bajo, iNewsFlores.id - Adanya beberapa permasalah di kawasan Taman Nasional Komodo (TNK), seperti masalah sampah dan kurangnya fasilitas lainnya, PT Flobamor pun melakukan evaluasi.
Evaluasi tersebut membahas juga tentang aktivitas 57 naturalist guide, dan sejumlah fasilitas yang harus dibenahi serta masalah sampah.
Dedy salah satu naturalist guide mengatakan, dari kegiatan yang telah mereka lalui, dirinya menemukan sejumlah fasilitas yang harus dibenahi.
Sejumlah fasilitas tersebut kata Dedy, terdiri dari Toilet untuk para wisatawan serta papan informasi.
"Mungkin yang perlu diperbaiki itu soal Toilet untuk wisatawan. Selain itu juga ada papan informasi. Nanti kita bisa buatkan papannya dan gambar-gambarnya bisa diprint," ujar Dedy saat evaluasi bersama pihak PT Flobamor di Loh Liang kawasan TNK Senin (30/01/2023).
Menanggapi hal tersebut, Minggu (5/2/2023) Direktur Operasional PT Flobamor Abner Runpah ketika dihubungi via telepon mengatakan, pembenahan sejumlah fasilitas di kawasan TNK menjadi bagian dari agenda kerja PT Flobamor.
Karena itu kata dia, naturalist guide yang ada di lapangan harus bisa melihat dan menginformasikan terkait hal-hal yang harus dibenahi.
"Tentu ini gunanya evaluasi agar kita bisa berkomunikasi, hal apa-apa saja yang masih kurang," ujar Runpah
Menurutnya, sejumlah fasilitas seperti toilet dan papan informasi akan secepatnya dibenahi agar bisa memberikan kenyamanan kepada wisatawan saat berkunjung di kawasan TNK.
"Tentu ini (toilet dan papan informasi) akan segera kita benahi. Secepatnya! Kita ingin dan pastikan wisatawan nyaman berkunjung," tegasnya
Runpah berkomitmen, pihaknya akan tetap menjaga dan membenahi sejumlah hal yang masih dikurang di kawasan TNK.
"Ini tanggung jawab kita bersama. Tentu akan kami benahi hal yang masih kurang," tutupnya.
Editor : Yoseph Mario Antognoni