get app
inews
Aa Read Next : Kisah Pilu Pasutri di Manggarai Timur Rawat Anak Cacat di Gubuk Reyot

Panwascam di Manggarai Timur Komitmen Ciptakan Pemilu 2024 Aman dan Damai

Senin, 06 Februari 2023 | 19:09 WIB
header img
Panwascam Lamba Leda Timur, saat melakukan pelantikan PPPKD. Foto: iNewsFlores.id/ Iren Leleng

Borong, iNewsFlores.id - Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Lamba Leda Timur, Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), berkomitmen mengawasi dan mencegah proses politik yang tidak sesuai konstitusi.

Hal ini diungkapkan oleh, Ketua Panwascam, Lamba Leda Timur, Orianus Nggiring, kepada iNews, usai melaksanakan kegiatan pelantikan dan bimbingan teknis kepada 18 orang peserta Panitia Pengawasan Pemilihan Umum Desa (Panwasdes), pada Senin (06/02/2023).

Menurut, Orianus, kesuksesan politik pada tahun 2024 mendatang, tergantung independensi dari Panwasdes yang berhadapan langsung dengan masyarakat desa.

Oleh karena itu, pihaknya berkomitmen untuk mengawasi Pemilu agar berjalan sesuai konstitusi yang berlaku.

"Kami harus mewujudkan komitmen, dalam menciptakan Pemilu yang damai, aman, dan bebas dari hoaks dan ujaran kebecian yang berdasarkan politisasi SARA, di mana sebelumnya isu-isu SARA menjadi isu yang santer terdengar di ruang publik selama pelaksanaan tahapan pemilu sebelumnya."

Oris juga, meminta para Pengawas Desa dan Kelurahan  harus menjaga netralitas, independensi, dan bekerja secara profesional.

“Dalam pengawasan harus mengedepankan tindakan pencegahan dengan menggalang partisipasi masyarakat untuk mencegah pelanggaran pemilu tahun 2024 sesuai selogan Bawaslu Bersama Rakyat Awasi Pemilu Bersama Bawaslu Tegakan Keadilan Pemilu,” tukasnya.

Secara detail Oris mengatakan, Panwasdes harus menjaga integritas dalam menghadapi tekanan pekerjaan sebagai Pengawas Pemilu demi menjaga proses demokrasi di Indonesia bisa berjalan dengan baik.

"Integritas dan kemandirian adalah benteng terakhir yang kita miliki dalam saat menjalankan tugas sebagai Pengawas Pemilu."

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut