get app
inews
Aa Read Next : Heboh Mayat Dalam Septitank di NTT, Ini Identitasnya

NU Mabar Ikut Aktif Menciptakan Suasana Harmonis dan Menjaga Toleransi Beragama di Mabar

Rabu, 08 Februari 2023 | 14:24 WIB
header img
Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng saat menghadiri acara peringatan Harlah Nahdatul Ulama (NU) Satu Abad yang diselenggarakan Aula Kantor Bupati Manggarai Barat, Selasa (7/2/2023) Foto: iNewsFlores.id/Siprianus Robi

Labuan Bajo, iNewsFlores.id - Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng mengatakan Nahdatul Ulama (NU) Kabupaten Manggarai Barat ikut aktif menciptakan suasana harmonis dan menjaga toleransi beragama di Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Hal itu ia disampaikan saat menghadiri acara peringatan Harlah  Nahdatul Ulama (NU) Satu Abad yang diselenggarakan Aula Kantor Bupati Manggarai Barat, Selasa (7/2/2023).

Wabup Weng mengatakan, pada prosesi perarakan ‘Patung Bunda Maria saat festival Golo Koe 2022 lalu, warga  Nahdatul Ulama (NU) Mabar ikut berpartisipasi.

“Ini sungguh menyadari dalam keberagaman, NU Mabar bisa menunjukan sikap toleransi. Kita telah menunjukan kepada dunia bahwa kita orang Manggarai Barat sudah bisa hidup berdampingan,” katanya.

Wabup Weng menambahkan, partispasi dalam menjaga keamanan dan toleransi keberagaman, warga Nahdatul Ulama (NU) Kabupaten Manggarai ikut mengamankan ketika Natal dan hari raya Paskah.

"Warga NU Manggarai Barat turut berpartisipasi menjaga dan mengamankan ketika Natal dan hari raya Paskah, memberi rasa nyaman kepada umat Katolik/Kristen yang datang beribadah di Gereja," ungkapnya.

Ia berharap, warga NU tetap bergandengan tangan dengan pemerintah, TNI, POLRI serta pihak terkait untuk sukseskan kamtibmas jelang dilaksanakanya KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo.

“Kita bergandengan tangan bersama Aparat TNI- Polri dan masyarakat untuk menciptakan rasa aman, menciptakan kota ini indah tanpa sampah. Jadilah tuan rumah yang baik dan ramah,”ujar Wabup Yulianus Weng.

Wabup Weng menyampaikan apreasiasi kepada warga NU Mabar atas peranya ikut menyukseskan berbagai kegiatan pemerintahan. Beberapa kegiatan sosial kemasyarakatan terutama saat Covid-19 melanda dunia, dimana Mabar juga ikut terdampak, pihak NU selalu bersama pemkab turun langsung ke tengah masyarakat ikut melakukan sosialisasi tentang pentingnya vaksinasi Covid-19.

Pada kesepakatan itu juga, mantan Kadis Kesehatan Kabupaten Manggarai itu mengajak Warga Nahdatul Ulama (NU) Manggarai Barat untuk ikut bersama dalam mendukung dan menyukseskan agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yang akan dilaksanakan pertengahan Mei 2023 mendatang di Labuan Bajo .

Sementara itu Ketua NU Manggarai Barat Isa M. Jabi mengatakan NU merupakan milik kita bersama, NU bukanlah milik warga NU saja, namun milik kita bersama.

Ia juga menegasakan pihaknya akan siap untuk menyukseskan event KTT ASEAN yang akan diselenggarakan di Labuan Bajo pada bulan Mei 2023 mendatang.

“Sebagai warga NU kami siap suksekan KTT ASEAN dengan menjaga rasa aman di Manggarai Barat,” ungkapnya.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua FKUB Manggarai Barat Romo Rikard Manggu, mengakui NU telah berperan aktif merawat persatuan dan persaudaraan.

Romo Rikard berharap agar semangat persaudaran ini tetap terjalin dengan harmonis.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut