get app
inews
Aa Read Next : Heboh Mayat Dalam Septitank di NTT, Ini Identitasnya

Permasalahan RKPD 2024 Disoroti Wakil Bupati Manggarai Timur

Jum'at, 24 Februari 2023 | 20:38 WIB
header img
Siprianus Habur Wakil Bupati Manggarai Timur (kiri), saat melaksanakan kegiatan RKPD. Foto: iNewsFlores.id/Iren Leleng

Borong, iNewsFlores.id - Wakil Bupati Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Siprianus Habur, saat mengikuti Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 menyoroti sejumlah permasalahan yang ada di daerah itu.

"Kegiatan ini untuk memaparkan evaluasi capaian pembangunan, hasil analisis permasalahan tahun 2022 dan penyampaian target yang akan dicapai pada tahun 2024. Forum ini merupakan salah satu tahapan penting dalam agenda perencanaan untuk tahun 2024 dan berkesinambungan dengan RKPD tahun-tahun sebelumnya  sebagai bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2019-2024," ujar Sipri Habur, Selasa (21/02/2022) lalu.

Kata Sipri, berdasarkan hasil pemetaan ada lima kelompok permasalahan di Kabupaten Manggarai Timur, yaitu masalah Sumber Daya Manusia (SDM), ekonomi, infrastruktur dan kebencanaan serta masalah bidang tata kelola pemerintahan.

Lanjutnya, lima masalah ini harus menjadi fokus perhatian bersama dalam forum ini sehingga sasaran dan prioritas pembangunan  menjadi lebih terarah di tahun 2024 mendatang 

Selain itu juga ditekankan olehnya terkait keselarasan rancangan daerah dengan pemerintah pusat dan provinsi.

“Perencanaan yang kita lakukan di Kabupaten, harus selalu selaras dengan rancangan dan rencana kerja pemerintah provinsi dan pemerintah pusat. Hal ini tidak bisa diabaikan karena berimplikasi pada penganggaran. Selain itu rencana kerja yang kita buat harus bisa menjawab isu-su strategis pembangunan nasional.”

Wabup Matim juga menekankan optimalisasi sumberdaya lokal dalam pelaksanaan pembangunan dan kerjasama lintas sektor yang harus semakin diperkuat untuk memaksimalkan pelaksanaan pembangunan di Manggarai Timur.

“Saya harap kita semua sebagai peserta kegiatan ini akan berperan aktif dalam memberikan informasi, masukan dan sumbangan pikiran  yang inovatif dan bersifat membangun untuk pelaksanaan pembangunan menuju Matim Seber."

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut