get app
inews
Aa Read Next : PPK 3.4 Jalan Nasional Ngada Manggarai Bentuk Tim Pemantau Jalan

KSP Kopkardios Komit Bangun Usaha Anggota dalam Semangat Ekonomi Berkelanjutan

Selasa, 21 Maret 2023 | 06:49 WIB
header img
Pengurus, pengawas, manajemen KSP Kopkardios berpose usai kegiatan RAT. Foto: iNewsFlores.id/Ronald Tarsan

Ruteng, iNewsFlores.id - Pengurus dan manajemen Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Kopkardios Ruteng berkomitmen untuk "Membangun Usaha Anggota dalam Semangat Ekonomi Berkelanjutan" pada tahun 2023 ini.

Komitmen tersebut menjadi tema utama dalam kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke XXIII tahun buku 2022 di Aula Asumpta Ruteng, Kelurahan Waso, Kecamatan Langke Rembong.

Kegiatan RAT ini dibuka secara resmi oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Manggarai, Jahang Fansy Aldus dengan memukul gong yang disaksikan langsung oleh seluruh anggota KSP Kopkardios yang hadir.

Ketua Panitia RAT KSP Kopkardios ke XXIII Kanisius Teobaldus Deki, dalam sambutannya mengatakan, per tanggal 31 Desember tahun 2022, anggota KSP Kopkardios telah berjumlah 16.403 orang, dengan jumlah aset sudah mencapai Rp84 miliar lebih.

"Oleh karena itu tugas dan kewajiban pengurus menyampaikan laporan pertanggungjawaban melalui RAT," ujarnya.

Dosen STIE Karya itu menjelaskan, kegiatan RAT digelar dalam dua sesi. RAT pertama digelar di 37 Tempat Pelayanan Khas (TPK) di 3 kantor cabang, dan 3 kantor unit. Sedangkan RAT sesi ke 2 adalah RAT paripurna yang dihadiri oleh seluruh kordinator-kordinator TPK dan seluruh anggota KSP Kopkardios yang digelar di Aula Asumta.

"Jumlah anggota yang ikut RAT di 37 TPK itu berjumlah 2.510 orang," pungkas dia.

Nik Deki begitu ia akrab disapa menuturkan, RAT ke XXIII ini fokus pada dua tujuan. Pertama, pengurus akan melaporkan pertumbuhan dan perkembangan KSP Kopkardios, capaian-capaian yang telah diperoleh, persoalan-persoalan yang dihadapi dan solusi-solusi yang ditawarkan.

"Kedua, tugas kita bersama untuk memperkuat kembali komitmen menjadi anggota yang baik untuk membesarkan lembaga keuangan ini, baik dari sisi anggota maupun dari sisi usaha," jelas dia.

Pada kesempatan itu, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah karena selalu mendukung segala kegiatan yang dijalankan oleh KSP Kopkardios. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Keuskupan Ruteng, yang sudah membidangi kelahiran dari KSP Kopkardios. Bahkan juga tak henti-hentinya berusaha bersama pengurus, pengawas, dan manajemen, untuk menjalin kerja sama membangun KSP Kopkardios berbasis paroki.

Ketua KSP Kopkardios, Romo Leonardus Eventinus Noveri Pr, mengatakan, Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2022, sengaja mengusung tema "Membangun Usaha Anggota dalam Semangat Ekonomi Berkelanjutan" karena tema ini masih sejalan dengan kebijakan negara.

"Untuk memajukan kewirausahaan dan sejalan dengan program Keuskupan Ruteng pada tahun ini, yakni tahun ekonomi berkelanjutan dengan semboyan; Sejahtera, Adil dan Ekologis, (SAE)," ujarnya.

Romo Ardus begitu ia akrab disapa menjelaskan, pada tahun buku 2023 ini, pihaknya akan giat mempromosikan usaha dari para anggota sebagai bentuk dukungan riil terhadap anggota yang telah turut menciptakan lapangan kerja serta turut membuat perekonomian tetap bergeliat di tengah ancaman resesi ekonomi dunia.

"Dan dalam tahun Ekonomi Berkelanjutan, Kopdit mendapat tempat khusus. Dalam tawaran program dari Puspas Keuskupan Ruteng, ada poin tentang pembentukan atau pengembangan Koperasi jalur paroki," kata Romo Ardus.

"Inilah peluang untuk kita terus mengajak orang-orang yang belum bergabung untuk segera menjadi anggota dan untuk yang sudah bergabung agar menjadi anggota yang berkualitas," ajak Romo Ardus.

Pada tahun buku 2022, ia menyinggung dampak dari pandemi Covid-19 yang sungguh terasa. Sehingga target program kerja tahunan tidak tercapai 100 %. Meski demikian, pihaknya tetap bersyukur kepada Tuhan, karena walau dalam situasi tertekan, KSP Kopkardios masih boleh mengalami pertumbuhan dan perkembangan.

"Ini bisa terjadi karena kontribusi kita sebagai pemilik. RAT ini menjadi kesempatan bagi kita untuk menapaki kembali jejak kontribusi kita dalam memajukan KSP Kopkardios ini," ujarnya.

Profil KSP Kopkardios

Romo Ardus menguraikan, pada tahun 2023 ini KSP Kopkardios memasuki usia 24 tahun dan melakukan RAT yang ke-23. Sementara jumlah anggota per 31 Desember 2022 sebanyak 16.403 orang. 

Ia juga merincikan bahwa, kantor pusat dan cabang Ruteng melayani sebanyak 7.524 anggota (45,87 %). Sementara untuk wilayah Kabupaten Manggarai Timur, yang dilayani oleh kantor pusat cabang Borong, unit Elar dan unit Mano sebanyak 5.222 anggota atau 31,83 persen sedangkan Kabupaten Manggarai Barat yang dilayani oleh cabang Labuan Bajo dan unit Pacar sebanyak 3.496 anggota atau 22,53 persen.

"Selama tahun buku 2022, pertumbuhan anggota mencapai 93,32 %, atau 1.399 orang," ungkap dia.

Berdasarkan data menurut Romo Ardus, para anggota KSP Kopkardios tersebar pada 132 titik pelayanan yakni 47 titik di Kabupaten Manggarai, 41 titik di Manggarai Timur, dan Manggarai Barat sebanyak 44 titik. Anggota terbanyak yang bergabung dalam KSP Kopkardios antara lain, petani, nelayan, tukang dan ibu rumah tangga, dengan jumlah sebanyak 11.735 orang atau 71,54 persen.

Jumlah Aset KSP Kopkardios

Per tanggal 31 Desember 2022, sudah mencapai Rp84.080.615.997, mengalami kenaikan sebesar 8,69 persen jika dibandingkan tahun buku 2021 atau sebesar Rp6.726.238.328. Dari jumlah itu, sebesar 79,04 persen atau setara dengan Rp66.457.038.134 sedang beredar di antara anggota, dipinjam untuk berbagi keperluan. Jumlah pinjaman yang disalurkan selama tahun buku 2022 sebesar Rp28.283.733.000.

Rencana tahun 2023.

Romo Ardus menjelaskan, untuk tahun buku 2023, KSP Kopkardios berencana untuk melakukan penambahan anggota baru sebanyak 2.500 orang. Perhitungannya antara lain, ada 132 TPK, masing-masing TPK diharapkan menambah 20 anggota baru sepanjang tahun buku 2023. Jika dibagi, rata-rata setiap bulan bertambah sebanyak 2 anggota baru.

"Strategi yang diambil adalah menggerakkan anggota lama untuk merekrut anggota baru, mengembangkan titik-titik pelayanan ke beberapa Paroki atau dalam satu Paroki dan membuka tempat pelayanan di wilayah kota Ruteng ini," jelas dia.

Ia juga menguraikan direncanakan akan melakukan penambahan aset sebesar Rp16 miliar. Penambahan ini bersumber dari simpanan saham anggota (akan ada anggota baru) dan dari simpanan non saham anggota.

"Semoga kehadiran bapak uskup, bapak kepala dinas, dan dukungan Pastor Paroki dan Dewan Paroki, memberi amunisi baru bagi kami untuk lebih bersemangat lagi di tahun buku 2022 ini," beber dia.

Pada kesempatan yang sama, Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Manggarai, Jahang Fansy Aldus mengatakan, pihaknya memberi apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pengurus, manajemen, dan seluruh anggota KSP Kopkardios yang sudah melewati satu tahun buku dalam usaha menjalankan untuk membangun Kopkardios, yang hari melakukan RAT ke XXIII sesuai peraturan yang tertuang dalam undang-undang.

Menurut Sekda Fansy, kegiatan RAT ini merupakan agenda penting bagi setiap koperasi untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban pengurus koperasi selama setahun berjalan. "RAT menjadi forum tertinggi dalam koperasi yang merupakan implementasi nyata dari prinsip demokrasi, transparansi, dan akuntabilitas dalam tata koperasi yang merupakan amanat penting di dalam Undang-undang No 25 tahun 1992, tentang perkoperasian," pungkas dia.

Di akhir kegiatan, tampak puluhan anggota KSP Kopkardios mendapatkan hadiah undian mulai dari perabot rumah tangga, seperti magicom, piring, gelas, kulkas, hadiah uang tabungan sibuhar sebesar Rp250 ribu, hadiah tabungan simpanan pendidikan senilai Rp500 ribu hingga hadiah utama dimenangkan oleh dua orang anggota, masing-masing mendapatkan Rp1 juta.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut