get app
inews
Aa Read Next : Bupati Mabar Lepas Tiga Siswa Atlantis International College Labuan Bajo Berkarir ke Luar Negeri

4 Jebolan Terbaik AIC Labuan Bajo Kembali Dikirim Bekerja di Luar Negeri, Tahun Depan Lebih Banyak!

Jum'at, 24 Maret 2023 | 22:50 WIB
header img
Empat jebolan AIC Labuan Bajo saat dikirim untuk bekerja di Royal Park Hotel Penang, Malaysia. Foto: iNewsFlores.id/Siprianus Robi

Labuan Bajo, iNewsFlores.id - Ada empat (4) orang jebolan Kampus Atlantis International College (AIC) Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, dikirim untuk bekerja di Royal Park Hotel Penang, Malaysia. 

Keempatnya resmi dilepaskan oleh beberapa petinggi Kampus AIC seperti Melkianus Boleng, Made Pasek dan Matheus Siagian di Bandara Internasional Bali, Jumat (24/03/2023). 

Sebelumnya keempat jebolan Kampus AIC Labuan Bajo tersebut resmi dilepaskan oleh Ketua Komisi C bidang PPO/Tenaga Kerja/BLK dan Kepala Dinas Tenaga kerja dan Tramsmigrasi Manggarai Barat bersama keluarga di Bandar Udara Labuan Bajo pada 23 Maret 2023 lalu. 

Melkianus Boleng saat melepaskan keempat jebolan AIC tersebut berpesan agar selalu menjaga kesehatan dan tidak boleh lupa mengabari keluarga ketika sudah sampai di Royal Park Hotel Penang, Malaysia. 

Hal tersebut tentu saja penting agar keluarga tidak khawatir dengan kondisi dan keberadaan anak-anaknya. 

Sementara itu, Matheus Siagian menjelaskan pengiriman para jebolan AIC Labuan Bajo untuk bekerja di luar negeri merupakan batu loncatan yang bisa membukakan banyak pintu peluang lainnya. 

Menurut dia, saat ini bekerja di industri pariwisata salah satu hal terpenting adalah pengalaman kerja.

"Tanpa pengalaman kerja mustahil bisa mendapatkan posisi yang bagus di perusahaan," kata Matheus. 

Dengan pengalaman kerja di luar negeri terutama di hotel bintang lima tentunya setelah pulang ke Indonesia akan mudah mendapatkan pekerjaan dan posisi dalam pekerjaan pun akan lebih baik.

Matheus menambahkan, AIC sudah beroperasi hampir dua tahun di Labuan Bajo dan sejauh ini sudah berkontribusi mengirimkan 8 lulusannya untuk bekerja di luar negeri. 

"Hendaknya lima tahun dari sekarang mereka-mereka ini bisa mengangkat standar kualitas SDM pariwisata Manggarai Barat," katanya. 

Ia mengatakan, banyak cara mengangkat SDM. Salah satu caranya adalah mengenyam pendidikan dan juga expose atau menggali kultur kerja di luar negeri. 

Kalau sudah di luar negeri maka tentu saja secara otomatis kemampuan bahasa Inggris akan terasah dan etos kerja juga berbeda.

"Sebelum akhir tahun ini saya Matheus Siagian dari AIC Labuan Bajo bertekad mengirim 4 orang lagi minimal keluar negeri. Dan tahun depan saya bertekad akan mengirim dua kali lipat lebih banyak dari tahun ini," pungkasnya. 

Ia menambahkan, Labuan Bajo saat ini sedang berkembang pesat. Hal ini bisa dilihat dari keberadaan hotel-hotel berbintang yang tumbuh di mana-mana di kota ujung barat Pulau Flores itu. 

"Ada Marriott, St. Regist, Ayana, Meruorah, Katamaran dan banyak lagi. Ingat semua hotel bintang 5 yang akan ada ini butuh SDM berstandar internasional, dengan pengalaman kerja internasional. Kita dari AIC Labuan Bajo bertekad untuk terus berkontribusi mencetak SDM ini," katanya.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut