get app
inews
Aa Read Next : Kisah Pilu Pasutri di Manggarai Timur Rawat Anak Cacat di Gubuk Reyot

RKPD Matim tahun 2024 Fokus Penguatan Modal Sosial untuk Peningkatan Daya Saing Ekonomi

Rabu, 05 April 2023 | 17:57 WIB
header img
Pemda Manggarai Timur saat melaksanakan Musrenbang RKPD tahun 2024. Foto: iNewsFlores.id/Iren Leleng

Borong, iNewsFlores.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), menyusun sejumlah program prioritas dalam musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024. Selasa (4/4/2023).

Program prioritas itu yakni, kapasitas fiskal keuangan daerah tahun 2024 dan konsep pariwisata berkelanjutan berbasis masyarakat serta diskusi tematik terkait penguatan SDM, pengembangan ekonomi kreatif, penguatan konektivitas bagi kinerja perekonomian domestik, penguatan data statistik pembangunan daerah, kualitas pelayanan publik dan solidaritas sosial guna menciptakan kantrantibmas.

Kepala Bappelitbangda Kabupaten Manggarai Timur, Ganza Tombor, melalui sekretaris Bappelitbangda, Conrad Herdiman Djalang, menyampaikan bahwa pemerintah daerah telah memfasilitasi pelaksanaan Musrenbang di tingkat desa dan kecamatan. Saat ini adalah simpul komunikasi dari seluruh rangkaian proses dan tahapan yang telah dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku.

"Pelaksanaan  Musrenbang ini dimaksudkan untuk mendapatkan masukan dari para pemangku kepentingan dalam rangka penyempurnaan rancangan RKPD tahun 2024. Melalui forum ini diharapkan dapat menyepakati isu strategis atau permasalahan  pembangunan dan prioritas pembangunan. Jadi musyawarah ini adalah simpul komunikasi dari rangkaian tahapan yang telah dilaksanakan," ungkap Sekretaris Bappelitbangda.

Terpisah, Wakil Bupati Manggarai Timur, Siprianus Habur, menyampaikan bahwa ruang musyawarah hari ini merupakan momen penting bagi peserta yang hadir atau mendukung jalannya kegiatan ini, untuk bersama-sama memikirkan rencana pembangunan daerah pada tahun yang akan datang sekaligus mendesain arah kebijakan dan prioritas pembangunan.

"Kita harus bertanggungjawab atas peristiwa hari ini. Ruang musyawarah hari ini adalah kebanggaan kita semua, karena hari inilah momen dimana kita dapat menyampaikan gagasan atau ide yang berkontribusi besar bagi percepatan pembangunan daerah ini di tahun yang akan datang."

Lebihlanjut, Wakil Bupati Manggarai Timur juga menyampaikan bahwa modal sosial dan daya saing menjadi kata kunci utama dalam tema pembangunan Kabupaten Manggarai Timur tahun 2024. Modal sosial merupakan corak kehidupan sosial yang berupa jaringan sosial, norma serta kepercayaan untuk bertindak secara bersama demi tujuan yang hendak dicapai.

Modal sosial menjadi modal dasar yang dibutuhkan agar ekonomi Kabupaten Manggarai Timur dapat tumbuh secara berkelanjutan. Modal tersebut dibangun melalui tiga unsur penting yakni kepercayaan, jejaring  dan norma.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut