get app
inews
Aa Read Next : Bupati Mabar Lepas Tiga Siswa Atlantis International College Labuan Bajo Berkarir ke Luar Negeri

TNI-Polri Bersama KSOP Beri Imbauan dan Cek Kelayakan Kapal Wisata di Labuan Bajo

Selasa, 02 Mei 2023 | 21:05 WIB
header img
Personel TNI-Polri saat mengecek kelengkapan salah satu Kapal Wisata di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Selasa (2/5/2023). Foto: iNewsFlores.id/ Istimewa

Labuan Bajo, iNewsFlores.id- Satuan Polairud Polres Manggarai Barat bersama Lanal Labuan Bajo (TNI AL) dan Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Labuan Bajo melakukan pengecekan kelayakan kapal wisata di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Selasa (2/5/2023).

Pengecekan kelayakan kapal wisata tersebut sebut dalam rangka mendukung perhelatan event KTT ASEAN Summit ke 42 tahun 2023 yang akan diselenggarakan pada tanggal 9-11 Mei mendatang.


Kasat Polairud, AKP I Wayan Merta mengatakan, para delegasi dan rombongan yang mengikuti rangkaian kegiatan KTT ASEAN juga akan mempersiapkan ide liburan dan menyempatkan diri untuk mengunjungi objek atau daya tarik wisata yang ada di Labuan Bajo.

"Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para tamu negara. Kami sejak beberapa hari ini melakukan pemeriksaan kelayakan kapal," ungkap AKP Wayan Merta dalam keterangan tertulis yang diterima iNewsFlores.id, Selasa (2/5/2023).

Dikatakannya pengecekan persiapan terhadap moda transportasi tersebut dilakukan bersama KSOP Labuan Bajo dan TNI AL

Dimana, pemeriksaan yang dilakukan meliputi alat keselamatan, navigasi, kelengkapan nakhoda hingga kondisi kapal.

Ia menjelaskan, penggunaan kapal wisata menjadi alternatif bagi wisatawan maupun para delegasi menuju lokasi wisata kelas dunia yakni Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar.

"Paling utama kami pastikan terkait keselamatan misalnya ketersediaan life jaket, alat komunikasi dan GPS," ungkapnya.

Oleh karena itu, penyedia kapal diwajibkan menyediakan life jaket sejumlah penumpang dan ditambah 10 persen.

Selain itu, Kasat Polairud juga mengimbau kepada pemilik kapal-kapal wisata untuk sementara waktu kapal-kapal tersebut dapat dipindahkan ke daerah labuh kapal yang sudah disiapkan disekitar Pulau Monyet, Perairan Wae Cicu dan Pantai Pede selama kegiatan KTT ASEAN.

"Kami imbau agar kapal-kapal memindahkan daerah labuh mulai tanggal 28 April lalu sampai 13 Mei 2023 mendatang sehingga tidak menggangu kelancaran alur pelayaran, sistem rute, tata cara berlalu lintas dan daerah labuh kapal sesuai dengan kepentinganya selama kegiatan ASEAN Summit ini," imbuh AKP I Wayan Merta.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut