get app
inews
Aa Read Next : Bupati Mabar Lepas Tiga Siswa Atlantis International College Labuan Bajo Berkarir ke Luar Negeri

Pengelolaan Pasar Baru Labuan Bajo Tak Terurus, Warga Keluhkan ke Kapolres Mabar

Jum'at, 19 Mei 2023 | 22:21 WIB
header img
Kapolres Manggarai Barat, AKBP Ari Satmoko (tengah) saat gelar Jumat Curhat di Pasar Baru Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Jumat (19/5/2023) Foto: iNewsFlores.id/ Humas Polres Mabar.

Labuan Bajo, iNewsFlores.id- Warga Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat NTT mengeluh dengan kondisi lingkungan Pasar Baru yang tidak terurus kepada Kapolres Manggarai Barat saat melakukan kegiatan Jumat Curhat, Jumat (19/05/2023).

Hal ini disampaikan oleh Ketua RT. 21 Pasar Baru Rafik, sekaligus pedagang di Pasar Baru Labuan Bajo.

Rafik mengatakan selama ini banyak sekali keluhan terkait kondisi Pasar Baru baik dari penjual maupun pembeli, namun tak digubris pihak pengelolah pasar.

"Terganggu sekali dengan keadaan Pasar Baru saat ini, miris gedung pasar dibuatnya megah, tapi area pasar dan lingkungan sekitar tidak diperhatikan. Bea retribusi rutin ditagih tapi pihak pengelola pasar tak kunjung datang perhatikan pasar," ucapnya.

"Pihak pengelola juga tidak memantau para pedagang baik yang masuk maupun keluar, apalagi banyak pendatang yang masuk ke pasar tanpa melalui administrasi yang jelas sehingga dapat menimbulkan kecemburuan diantara para pedagang," tambahnya.

Hal senada juga disampaikan Ibu Ernestia. Selain pasar yang tidak diperhatikan, namun ketersedian air bersih dan Mandi, Cuci, Kakus (MCK) juga kurang memadai.

"Kebersihan lingkungan di Pasar Baru yang kotor dan minimnya perhatian dari pihak pengelola yang menyebabkan pedagang berjualan di badan jalan, ditambah lagi kurangnya air bersih dan MCK. Imbasnya transaksi pelaku pasar sangat terganggu dan tidak efektif," katanya.

Menanggapi keluhan tersebut, Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko mengatakan, Polres Manggarai Barat akan berkoordinasi dengan Instansi terkait guna menindaklanjuti keluhan dari para pedagang dan masyarakat.

"Kami akan carikan solusi terbaik untuk menangani keluhan para pedagang maupun masyarakat dengan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat," ungkap Mantan Kapolres Alor Polda NTT itu.

Selain itu, Perwira dengan bunga dua dipundaknya itu mengakui banyak mendapat keluhan dan masukan dari pedagang dan masyarakat Pasar Baru Labuan Bajo pada acara Jumat Curhat itu.

"Banyaknya keluhan warga terhadap pendatang baru yang tidak melapor diri kepada ketua RT, beredarnya minuman keras (miras), judi dan kenaikan harga transportasi yang signifikan yang menyulitkan pedagang untuk mobilisasi barang dagangannya," jelas Kapolres Mabar.

AKBP Ari Satmoko juga menyampaikan warga juga memberikan masukan kepada Polisi mengenai ramainya arus lalu lintas sekitar Pukul 08.00 Wita dan Pukul 12.00 Wita sehingga meminta Satlantas untuk melaksanakan pengaturan di jam-jam rawan tersebut.

Saat gelar Jumat curhat Kapolres Manggarai Barat AKBP Ari Satmoko didampingi Wakapolres Mabar, Kompol Budi Guna Putra, S.I.K., serta para pejabat utama dan anggota, Kapolres Manggarai Barat menemui pedagang yang sedang berjualan berbagai kebutuhan pokok.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut