get app
inews
Aa Read Next : Kapal Wisata Sea Safari VII Terbakar di Perairan Pulau Penga, Labuan Bajo

33 WNA dan 4 WNI Selamat saat Kapal KM Duta Samota asal Lombok Kandas di Perairan Pulau Kelor

Sabtu, 05 Agustus 2023 | 16:21 WIB
header img
Tim Pos SAR Labuan Bajo, saat mengevakuasi penumpang Kapal Wisata KM Duta Samota, Sabtu (5/8/2023). Foto: iNewsFlores.id/ Siprianus Robi

Labuan Bajo, iNewsFlores.id- Kapal Wisata KM Duta Samota yang membawa 37 wisatwan rute Lombok NTB-Labuan Bajo NTT kandas di perairan Pulau Kelor, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. sekitar 5.86 Nautical Mile dari Pelabuhan ASDP Labuan Bajo.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Kantor Basarnas Maumere Supriyanto Ridwan selaku SMC (SAR Mission Coordinator).

Ia menjelaskan Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Maumere melalui Pos SAR Manggarai Barat menerima informasi Kapal Wisata KM Duta Samota yang membawa 37 wisatwan rute Lombok NTB-Labuan Bajo NTT kandas di perairan pulau kelor sekitar 5.86 Nautical Mile dari Pelabuhan ASDP Labuan Bajo.

“Sekitar Pukul 01.00 Wita dini hari,KM Duta Samota berangkat dari Pelabuhan Lombok menuju Labuan Bajo, namun sekitar Pukul 13.30 Wita saat tiba di sekitar Pulau Kelor Labuan Bajo kapal menabrak karang dan kandas,”  ungkap Supriyanto Ridwan dalam keterangan tertulis yang diterima iNewsFlores.id, Sabtu, (5/8/2023).

“Kami langsung memberangkatkan Tim SAR Gabungan dengan mengerahkan RIB Basarnas Maumere, Searider Lanal Labuan Bajo, dan Speed Polair Labuan Bajo untuk mengevakuasi seluruh wisatawan, Pukul 14.35 Wita Tim tiba dan langsung melaksanakan proses evakuasi hingga pukul 15.25 Wita, syukur seluruh penumpang yang berjumlah 37 Orang selamat serta setelah penumpang sampai di Pelabuhan ASDP Labuan Bajo, mereka Kembali ke penginapan masing-masing," lanjut Supriyanto.

 Ia juga mengatakan bahwa untuk ABK Kapal yang berjumlah 6 Orang, 4 diantaranya dievakuasi ke labuan bajo dan 2 orang bertahan di kapal KM Duta Samota.

Adapun jumlah wisatawan WNA berjumlah 33 Orang yang berasal dari Perancis, Philip, Jerman, Inggris, Polandia, Irlandia, Belanda, Austria, dan Swiss serta WNI sebanyak 4 Orang.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut