get app
inews
Aa Read Next : Bupati Mabar Lepas Tiga Siswa Atlantis International College Labuan Bajo Berkarir ke Luar Negeri

IFG Bersama Institute Manggarai Gelar Festival Budaya Manggarai di Labuan Bajo

Senin, 06 November 2023 | 23:54 WIB
header img
Direktur SDM IFG Rizal Ariansyah dan jajaran Institute Manggarai saat menyerahkan buku ensiklopedia di Aulah Kantor Bupati Manggarai Barat, Senin (6/7/2023). Foto: iNewsFlores.id/Siprianus Robi.

Labuan Bajo, iNewsFlores.id- Dalam nuansa kegiatan IFG Labuan Bajo Marathon 2023, kehadiran Indonesia Financial Group, BUMN Holding Asuransi, Penjaminan, dan Investasi dan anggota holdingnya yang terdiri atas PT Jasa Raharja, PT Jamkrindo, PT Askrindo, PT Jasindo, dan IFG Life dalam kolaborasi Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan atau TJSL di Labuan Bajo telah menyentuh beberapa bidang utama, di antaranya bidang pendidikan, lingkungan, pengembangan Usaha Mikro dan Usaha Kecil, serta yang menjadi topik utama hari ini, pelestarian budaya. 

Penyelenggaraan Seminar Budaya Manggarai ini merupakan inisiasi Institute Manggarai bersama IFG yang didukung oleh Pemerintah Daerah Manggarai Barat.

"Kegiatan Seminar Budaya Manggarai yang dilaksanakan pada hari ini itu atas inisiasi dari Institute Manggarai yang ada di Jakarta dan kami dari IFG memberikan dukungan dengan tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman dan memberikan informasi kepada generasi muda Manggarai mengagenai adanya Budaya," ungkap Direktur SDM IFG Rizal Ariansyah di Aulah Kantor Bupati Manggarai Barat, Senin (6/7/2023).

Rizal menambahkan IFG mendukung Institute Manggarai menerbitkan 10 buku ensiklopedia Manggarai yang siang hari ini telah diserahkan kepada pemerintah Manggarai Barat, Manggarai dan Manggarai Timur.

"Dan kami berharap dapat  memasukan adat Manggarai ini menjadi salah satu kurikulum di sekolah. Belajar budaya dan adat istiadat ini harus dari sejak dini. Kami juga berharap buku ensiklopedia ini menjadi sumber inspirasi untuk pengembangan wisata budaya di Manggarai," 

Menurut Rizal Manggarai khususnya Labuan Bajo memiliki alam yang indah tetapi perluh ditambah sentuhan-sentuhan budaya Manggarai yang selam ini kita belum bisa melihat banyak muncul diberbagai tempat.

Plt Asisten Deputi Bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara Edy Eko Cahyono menjelaskan pada prinsipnya setiap BUMN yang  memiliki daerah yang mendapatkan Social license to o operate atau ijin dari masyarakat untuk beroperasi dengan baik nah ini menjadi prioritas, maka selain dari itu bagaimana BUMN ini berkonstribusi pada pembangunan yang berkelanjutan daerah tersebut.

"Karena pada prinsipnya juga dana BUMN ini adalah danannya memang terbatas maka bagaimana pun juga BMUN tetap mendukung pemerintah atas permasalahan sosial yang dihadapi, atas prioritas-prioritas yang diliki oleh pemerintah, nanti BUMN masuk kesana, Artinya nanti Program-program selanjutnya justru keberlanjutan dari program-program yang diinisiasi sekarang," ujarnya.

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh IFG dan anggota holding di Labuan Bajo.

"Terimakasih berlimpah disampaikan kepada IFG karena telah menyelenggarakan beberapa rangkaian kegiatan selama IFG Labuan Bajo Marathon. Sungguh dirasakan bermanfaat bagi masyarakat yang ada di Kabupaten ini dan kami ucapkan ucapkan melimpah terima kasih," ujarnya.

Menurut Bupati Edi budaya adalah hal fundamental dan sebagai orang Manggarai jangan biarkan budaya luntur karena perkembangan zaman.

"Bagi seluruh lintas generasi orang Manggarai, siapa pun dan dimana pun harus mengenal budaya Manggarai" pungkas Edi.

Karena itu ia berharap, Festival Budaya itu akan terus dilakukan untuk lebih mengenal secara mendalam tentang budaya Manggarai.

"Hari ini kami merasa terhormat karena mendapatkan ensiklopedia Manggarai wujud kolaborasi Institut Manggarai dengan menggandeng IFG untuk mendukung dalam merawat dan menjaga warisan budaya Manggarai," tuturnya.

Bupati berharap agar kegiatannya jangan berhenti sampai hari itu saja, karena pihaknya sungguh merasakan sinergitas kolaborasi yang telah dibangun selama ini.

Turut hadir dalam kegiatan itu,
Deputi Bidang Hukum dan Peraturan Perundang-Undangan Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Bapak Robertus Billitea;
Plt Asisten Deputi Bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara Eko Budi Cahyono
Bupati Manggarai Barat, Bapak Edistasius Endi beserta jajaran, Direktur SDM IFG, Rizal Ariansyah, Wakil Bupati Manggarai Timur, Siprianus Habur beserta jajaran, Staf Khusus Pemerintah Manggarai Barat, Ibu Elisabeth Maria Mersin.

Tokoh Diaspora Manggarai, pernah menjabat sebagai Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) 2022-2027, Rikard Bagun, Penulis serta Dosen Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Bapak Pater Dr. Alex Jebadu, Guru Besar Sosiologi Modern di FISIP Universitas Indonesia, Prof. Robert M.Z. Lawang.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut