Logo Network
Network

Peringati Hari Guru Nasional, SMAK Loyola Gelar Cerdas Cermat Antar Kelas

Siprianus Robi
.
Kamis, 23 November 2023 | 01:08 WIB
Peringati Hari Guru Nasional, SMAK Loyola Gelar Cerdas Cermat Antar Kelas
Kepala SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo, P. Agustinus Susanto Naba, SVD saat membuka kegiatan cerdas cermat dan lomba vokal solo yang diselenggarakan di Aula D’Aj Hall SMAK Loyola Labuan Bajo, Rabu (22/11/2023). Foto: iNewsFlores.id/ Siprianus Robi.

Labuan Bajo, iNewsFlores.id - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) PGRI dan Hari Guru Nasional tahun 2023, SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo menggelar lomba cerdas cermat dan lomba vokal solo antar kelas.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama Dua hari yang diselenggarakan di Aula D’Aj Hall SMAK Loyola Labuan Bajo, Rabu (22/11/2023).

"Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Ulang tahun PGRI dan Hari Guru Nasional tahun 2023 ini, kami di SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo mengadakan dua kegiatan yaitu cerdas cermat bidang studi MIPA dan juga IPS lombah vokal solo," ungkap Kepala SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo, P. Agustinus Susanto Naba, SVD saat ditemui iNewsFlores.id di Labuan Bajo, Rabu (22/11/2023).

Pater Agustinus mengatakan kegiatan itu dilakukan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa. Kata dia, lomba cerdas cermat untuk meningkatkan budaya literasi dan Numerasi sementara lomba vokal solo untuk mengembangkan minat dan bakat siswa dalam musik vokal.

"Kegiatan ini dibuat untuk mengembangkan bakat dan minat siswa kemudian kegiatan lomba  cerdas cermat  ini juga dalam tataran sekolah untuk meningkatkan budaya Literasi dan Numerasi di lembaga pendidikan ini. Sedangkan lomba vokal solo ini lebih menekan pada bakat dan minat siswa dibidang musik vokal," ucapnya.

Pater Agustinus menambahkan dalam meningkatkan kemampuan siswa, SMAK Loyola sering melaksanakan lomba antar kelas, misalnya untuk bulan bahasa akan dilakukan lomba pidato dan debat.

"Dalam meningkatkan kemampuan kami sering melaksanakan kegiatan seperti pada bulan bahasa kami melakukan lomba debat dan lomba pidato sementara dalam bidang keagamaan kami lakukan itu pada bulan November setiap tahun," ungkapnya.

Menurut Pater Agustinus dengan kegiatan seperti ini mental dan karakter siswa akan  dibentuk, apalagi Labuan Bajo semakin berkembang tentunya yang perluh siapkan adalah kecakapan siswa dalam berkomunikasi.

Ketua Organisasi Siswa Intra Sekoah (OSIS) SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo Britney Muskitta mengatakan kegiatan lomba tersebut adalah program khusus bidang Akademik. Kata dia OSIS hanya memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan bakat dan prestasi yang dimiliki.

 "Kami menyelenggarakan kedua mata lomba ini untuk mewadai dan memfasilitasi peserta didik untuk lebih mengembangkan bakat dan prestasi yang mereka miliki dan juga untuk membangkitkan semangat mereka untuk mencoba gal-hal baru," ucapnya.

Ia juga menambahkan kegiatan ini dalam rangka meningkatkan prestasi non akademik peserta didik.

"Selain itu kami juga mencoba kegiatan ini untuk meningkatkan prestasi non akademik yang dimiliki oleh siswa/i, bukan hanya akademik saja tetapi non akademiknya mereka juga berkembang dan meningkat," pungkasnya.

Sebelumnya, Siswi SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo Yosephine F.A De Wangge meraih juara Satu (1) dalam kompetisi menulis cerita rakyat tempat wisata di Nusa Tenggara Timur yang diselenggarakan oleh Bank NTT.

Yosephine mendapat peringkat Satu (1) setelah menulis cerita asal usul Danau Sano Nggoang yang terletak di kampung Nunang, Desa Wae Sano, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat.

Pater Agustinus mengucapkan terima kasih kepada Bank NTT yang menyelenggarakan kompetisi ini karena dengan kegiatan tersebut dapat mengasah kemampuan peserta didik  lebih khusus dalam hal menulis.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bank NTT yang telah menyelenggarakan kompetisi seperti ini karena dengan kegiatan seperti ini dapat mengasah kemampuan anak-anak dalam hal menulis," ucapnya.

Kata Pater Agustinus dengan adanya perolehan peringkat pertama setiap kegiatan akan menambah motivasi  Siswa/i untuk selalu belajar.

"Dengan mendapatkan piagam penghargaan yang diperoleh oleh Yosephine ini akan memotivasi semua siswa/i di sekolah ini agar siap bersaing dalam kompetisi apapun," pungkasnya.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.