get app
inews
Aa Read Next : Incumbent Pecah Kongsi Pilkada di NTT, Heri Ngabut Siap Tarung di Manggarai

Siswa SMK Karya Ruteng Raih Juara 1 Lomba Cerdas Cermat Akuntasi se-Daratan Flores

Jum'at, 10 Februari 2023 | 15:14 WIB
header img
Tiga siswa berprestasi saat berpose bersama guru SMK Karya Ruteng. Foto: iNewsFlores.id/Ronald tarsan

Ruteng, iNewsFlores.id - Tiga siswa SMK Karya Ruteng, Kabupaten Manggarai, berhasil meraih juara satu Lomba Cerdas Cermat Akuntansi (LCCA) se-daratan Flores, NTT. Cerdas Cermat yang diikuti oleh 25 SMK dan SMA se-daratan Flores itu digelar selama dua hari Selasa 7-8 Februari 2023.

Tiga siswa SMK Karya Ruteng yang berhasil mengukir prestasi gemilang yaitu Gabriela Chelseanita Sardin (16). Chelsea begitu ia akrab disapa saat ini duduk di kelas XI itu merupakan warga Desa Bangka Kantar, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur.

Selain itu, Ignasius Parlo Ngantut (17). Dia berhasil mengukir prestasi mengharumkan nama SMK Karya Ruteng. Kini dia duduk di kelas XII. Ignasius merupakan warga Wae Kang, Desa Bea Kakor, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai.  Prestasi yang sama juga berhasil diukir siswa bernama lengkap Maria Vianei Anjani (18). Saat ini, dia duduk di kelas XII. Maria begitu ia akrab disapa merupakan warga asal Cawa, Desa Cumbi, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai.

Maria Vianei Anjani, salah satu siswa yang berprestasi itu mengatakan, kesuksesan yang diraihnya tidak terlepas dari dukungan dan doa dari seluruh siswa dan guru SMK Karya Ruteng. Ia mengaku, meski pada tahun sebelumnya pihaknya mengikuti lomba cerdas cermat yang sama, namun kala itu mereka harus gagal meraih juara.

"Tetapi hal itu tidak menyurutkan kami untuk mengikuti kembali lomba cerdas cermat, tetapi akhirnya kita bisa meraih juara satu se-daratan Flores. Kegagalan adalah awal dari kesuksesan. Jangan pernah putus asa karena kegagalan. Tetapi jadikan kegagalan itu sebagai motivasi untuk bangkit, dan terbukti kita bisa meraih kesuksesan," ujarnya disambut tepuk tangan yang meriah saat memberikan sambutan singkat di halaman SMK Karya Ruteng Jumat (10/02).

Gabriela Chelseanita Sardin, salah satu siswa berprestasi mengaku, dirinya merasa terharu karena bisa mengharumkan nama SMK Karya Ruteng setelah meraih juara satu lomba cerdas cermat bidang Akuntansi. "Terima kasih dukungan dan doa kepada kami bertiga sehingga kami merasa sangat senang, dan merasa termotivasi. Karena itu, tekad kami bahwa, kami harus bisa bangkit dan membuat sejarah untuk sekolah kita," pungkas dia.

Sementara itu, siswa berprestasi lainnya, Ignasius Parlo Ngantut mengucapkan terima kasih kepada para guru maupun siswa SMK Karya yang telah mendukung penuh dengan cara mereka masing-masing.

Kepala Sekolah (Kepsek) SMK Karya Ruteng, Frederikus Budaya, S.Pd mengatakan, setelah dirinya dilantik menjadi kepala sekolah pada November 2022 lalu, ia kemudian mendapat undangan resmi dari Universitas Flores (Unflor) untuk mengikuti Lomba Cerdas Cermat Akuntansi (LCCA).

Putra Kelahiran Wangkal, Reok Barat, 27 November 1990 menjelaskan, undangan tersebut diterima dengan senang hati oleh pihak sekolah untuk mengikuti lomba cerdas cermat itu. Ia menuturkan, lomba cerdas cermat ini merupakan undangan kali kedua dari Unflor untuk mengikuti Lomba Cerdas Cermat Akuntansi. Karena tahun sebelumnya juga pihaknya turut mengikuti lomba yang sama tapi gagal mendapatkan juara.

"Saya beri motivasi kepada siswa. Saya katakan kalian itu ikut lomba harus punya target, jangan pergi kosong, lalu pulang kosong juga. Dan tolong harus angkat nama baik sekolah," kata Kepsek Fredi kepada wartawan di SMK Karya Ruteng Jumat (10/02).

Alumnus IKIP PGRI Kalimantan Timur itu menguraikan, sebelum siswanya ke Unflor beberapa hari yang lalu, dirinya menekankan agar bisa meraih juara. Ia juga menyampaikan ketiga siswa yang diutus ke Unflor merupakan hasil seleksi dari guru-guru yang ada di SMK Karya Ruteng.

"Syukur berkat motivasi itu semua mereka keluar sebagai juara 1 dalam Lomba Cerdas Cermat Akuntansi (LCCA) yang diselenggarakan oleh Unflor," ujar Kepsek Fredi.

Dia berharap kepada siswa agar tetap mempertahankan apa yang mereka raih hari ini, karena masih banyak lomba-lomba lain yang diselenggarakan oleh Pemprov NTT maupun Pemkab Manggarai. Ia juga berharap kepada siswa yang sudah meraih juara 1 dalam LCCA, untuk tetap mempertahankan prestasi ini, sehingga ada motivasi untuk siswa-siswi yang lain di sekolah vokasi itu.

"Mendapatkan juara lebih mudah dibandingkan dengan mempertahankan juara," tutupnya.

Sebagai informasi, peringkat pertama Lomba Cerdas Cermat yang diselenggarakan oleh Universitas Flores (Unflor) ini diraih oleh SMK Karya Ruteng. Sementara juara 2 diraih oleh SMKN 1 Ende, Kabupaten Ende dan peringkat ketiga diraih oleh SMK Frateran Ndao, Kabupaten Rote Ndao.

Diketahui siswa yang meraih juara 1 Lomba Cerdas Cermat Akuntansi (LCCA) yang diselenggarakan oleh Universitas Flores (Unflor) mendapat penghargaan berupa uang tunai sebesar Rp3.000.000, piala penghargaan, sertifikat dan ditawarkan beasiswa sampai selesai kuliah di Unflor.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut