get app
inews
Aa Read Next : Tuiuh Partai Politik Solid Dukung Edi - Weng di Pilkada 2024

Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat, Pemkab Mabar Perkuat Koperasi, UMKM dan BumDes

Rabu, 31 Juli 2024 | 20:03 WIB
header img
Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi memantau salah satu UMKM saat peringatan HUT Koperasi ke-77, bertempat di Desa Compang, Kecamatan Pacar, Kabupaten Manggarai Barat, Rabu (31/72023). Foto: iNewsFlores.id/Ist

Labuan Bajo, iNewsFlores.id- Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat terus berupaya untuk meningkatkan pertubuhan ekonomi. Kini laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Manggarai Barat capai 4,77 persen. 

Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi mmeminta kepada koperasi yang ada di Kabupaten Manggarai Barat untuk terus memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. 

Bupati Edi juga meminta kepada Koperasi yang sudah mapan untuk berperan sebagai mentor diberbagai BumDes yang ada di Kabupaten Manggarai Barat.

"Saya minta dengan rendah hati kepada koperasi yang sudah mapan, mohon kesediaan waktu, tenaga, pikiran, agar pada saatnya berperan sebagai mentor di berbagai BumDes dengan unit usaha simpan pinjam. Kalau saja itu mulai kita terapkan tahun depan, saya meyakini pertubuhan ekonomi masyarakat di Manggarai Barat bakal melampaui pertumbuhan ekonomi nasional," ucapnya.

Ia juga memerintahkan Dinas Ketenagakerjaan Transmigrasi, Koperasi dan UMKM Kabupaten Manggarai Barat untuk terus melakukan pendampingan kepada UMKM, Koperasi dan BumDes.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Transmigrasi, Koperasi dan UMKM Kabupaten Manggarai Barat, Theresia P Asmon, mengatakan pelaksanaan peringatan HUT Koperasi ke-77 di Kecamatan Pacar bukan tanpa alasan. Tujuaannya agar semangat dan spirit koperasi tidak hanya dirasakan oleh masyarakat di perkotaan. 

"Kami memilih Kecamatan Pacar sebagai lokasi kegiatan karena semangat dan spiritnya menggerakan koperasi tidak hanya dalam kota, juga semua warga di kecamatan," ujarnya. 

Peringatan HUT Koperasi ke-77 itu, pihaknya mengajak semua koperasi untuk berkontribusi dan berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan tersebut.  Sesuai tema koperasi untuk peningkatan gerakan ekonomi UMKM. 

"Kami memaknainya dengan spirit gotong-royong untuk memberi dampak kepada wilayah yang kami kunjungi yaitu di Desa Compang dan Kecamatan Pacar," ungkap Asmon.

Karena semangatnya gotong royong dan memberi dampak kepada masyarakat, sehingga Dinas Koperasi menggandeng banyak pihak untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. 

Selain pelatihan UMKM, kewirausahaan dan kuliner, pihaknya juga mengajak beberapa dinas lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat, seperti Dinas Kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis, PMI untuk lakukan pemeriksaan golongan darah; Dinas Perpustakaan dan Kearsipan memberikan pelayanan perpustakaa keliling karena di lokasi kegiatan terdapat beberapa sekolah. 

Selain itu, pelayanan pasar murah sembako dari Dinas Perindustrian dan Bulog; dan pelayanan dokumen pendudukan dari Disdukcapil serta layanan KB dari dinas BKKBN. 

"Karena kami memaknai HUT Koperasi ke-77 dengan spirit gotong royong. Kami juga mendapat suport dari pihak kecamatan, sekolah-sekolah, kami senang karena panitia lokal sangat respon meskipun persiapan sangat singkat hanya satu minggu," ujar dia. 

Saat peringatan HUT Koperasi ke-77 itu, Hotel Marriot Labuan Bajo juga menyumbangkan ratusan pasang sepatu sekolah untuk siswa di SDK Compang. 

Berikan Peghargaan untuk Koperasi Sehat

Di sela-sela peringatan HUT Koperasi ke-77, Pemkab Mabar juga memberikan penghargaan kepada 5 Koperasi terbaik di Kabupaten Manggarai Barat yaitu Peringkat pertama, KSP Mitra Komodo; kedua,  Kopdit Nusantara; ketiga, KUD Budi Mulia; keempat, Koperasi Kusebar; dan kelima, Kopdit Setia Janji.

Pemberian penghargaa itu setelah Dinas Ketenagakerjaan Transmigrasi, Koperasi dan UMKM Kabupaten Manggarai Barat melakukan pemeriksaan kesehatan koperasi, baik administrasi, managemen maupun tata kelola. 

"Ini tahun kedua kami lakukan dari 15 Koperasi yang kami lakukan pemeriksaan. Ada 8 Koperasi yang kategori sehat, dan 7 koperasi cukup sehat. Dari 15 yang diperiksa, kami memberi penghargaan khusus untuk 5 koperasi terbaik dengan kategori sehat," kata Asmon.

Koperasi itu dinilai sangat aktif, baik tata kelola, kelembagaan, juga manajemen pelaporan keuangan dan indikator lainnya. Koperasi ini juga sangat aktif untuk mendampingi anggotanya juga.

"Pa Bupati (Manggarai Barat) dan kami juga sudah berkomitmen, bahwa keberadaan koperasi tidak hanya berdampak pada anggota tetapi kepada masyarakat luas. Koperasi yang ada akan terlibat untuk melakukan pendampingan kepada masyarakat," ujarnya. 

Asmon berharap kepada semua koperasi, pelayanannya harus merayakyat, mudah diakses, tidak ada lagi masyarakat yang terjerat rentainer yang bertopeng koperasi harian. 

"Sesuai arahan nasional, bahwa koperasi sekarang, didorong menjadi koperasi yang bergerak di sektor ril, tidak hanya koperasi simpan pinjam, meskipun bukan koperasi produsen dan konsumen, tetapi dia membantu anggotanya sebagai mentoring untuk berwirausaha," pungkasnya. 

Manager KSP Mitra Komodo, Yovita Demi Suryani menyampaikan terima kasih  kepada Pemda Kabupaten Manggarai Barat, terkhusus Dinas Ketenagakerjaan Transmigrasi, Koperasi dan UMKM Kabupaten Manggarai Barat yang selama ini sudah menjalankan tugasnya dengan baik. 

"Selama ini kami sudah mendapatkan bimbingan, pendampingan, dan pengawasan dari dinas terkait sehingga KSP Putra Komodo ini bisa bertumbuh dengan baik," ujarnya. 

Menurut dia, pengawasan yang dilakukan sangat bermanfaat bagi KSP Mitra Komodo khususnya bagi pengelola, sehingga hal ini bisa menjadi acuan untuk bisa melakukan pengelolaan yang baik. 

Capaian ini menurut Dewi menjadi motivasi untuk KSP Mitra Komodo, agar bisa lebih semangat lagi berkarya ke depannya, dan memberikan pelayanan yang lebih prima kepada semua anggota. 

"Yang diharapkan bukan hanya aset yang bertumbuh tetapi anggotannya juga senantiasa bertambah dari tahun ke tahun," kataya. 

Ia mengaku bersyukur karena setiap tahun anggota yang bertambah sesuai bahkan melebihi target dan aset juga selalu bertumbuh. 

"Kami berharap dengan adanya KSP Putra Komodo ini bisa berdampak positif bagi peningkatan kesejahteraan ekonomi bagi semua anggota yang tergabung di dalamnya. Kami mengajak semua masyarakat di Manggarai Barat, ayo kita semua berkoperasi, dengan koperasi kita bisa bantu diri sendiri dan menjalankan hukum cinta kasih dengan membantu sesama. Dengan koperasi kita untung," tutupnya.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut