get app
inews
Aa Read Next : Semua Wisatawan Asing dan Wisatawan Domestik Selamat atas Insiden Kapal Terbakar di Labuan Bajo

Labuan Bajo Dapat Jatah Sertifikasi SDM Pariwisata

Senin, 25 Juli 2022 | 18:06 WIB
header img
Beberapa pegawai hotel yang ada di Labuan Bajo melakukan uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikat, di Hotel Puri Sari, Labuan Bajo, Senin, (25/7/2022). Foto : iNewsFlores.id/Yoseph Mario Antognoni

Labuan Bajo, iNewsFlores.id - Untuk menuju pelayanan pariwisata yang prima, demi mewujudkan salah satu destinasi pariwissta super prioritas, Labuan Bajo membutuhkan tenaga Sumber Daya Manusia (SDM) yang terampil yang sudah berkompeten.

Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya beberapa hari lalu, selain meningkatkan infrastruktur juga meminta kepada seluruh pihak terkait untuk memajukan SDM pariwista di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Atas dasar itu Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Senin, (25/7/2022) melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja bagi SDM Pariwisata pada destinasi super prioritas Labuan Bajo.

Labuan Bajo sebagai daerah destinasi super prioritas mendapatkan jatah dari BNSP, yakni dengan diberikan bantuan program dana subsidi BNSP melalui LSP Pariwisata Komodo Flores untuk mensertifikasi SDM bidang pariwisata yang dilaksanakan pada 25-26 Juli 2022.

Hal ini disampaikan oleh Komisioner BNSP Aldo Tobing dalam kunjungan kerjanya ke Labuan Bajo, untuk melakukan monitoring dan memastikan pelaksanaan sertifikasi kompetensi kerja (PSKK) berjalan dengan baik dan tepat sasaran sesuai target yang telah direncanakan.

"Pemerintah telah memberikan perhatian yang luar biasa bagi kebangkitan sektor pariwisata paska pandemi covid -19 dengan mengembangkan infrastruktur antara lain perluasan bandara labuan bajo, sistem penglolaan air minum dan sarana prasarana lainnya, seiring dengan itu kita juga pastikan kompetensi SDM nya agar dapat menunjang kesuksesan pariwisata di labuan bajo," kata Aldo.

Sementara itu Direktur LSP Pariwisata Komodo Flores Intan Gemalapuri mengatakan pelaksanaan PSKK hari ini diikuti oleh 100 asesi dengan skema sertifikasi

1. Reception

2. Waiter

3. Room attendant

4. Butcher

5. Kepemanduan Wisata

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut