get app
inews
Aa Read Next : Kapal Wisata Sea Safari VII Terbakar di Perairan Pulau Penga, Labuan Bajo

BNSP Konsentrasi pada Kompetensi SDM Bidang Pariwisata di Labuan Bajo

Sabtu, 05 Agustus 2023 | 12:05 WIB
header img
Foto bersama sebelum dimulai proses witness oleh BNSP beserta para asesor dan asesi dari berbagai profesi bidang hotel dan restaurant serta kepemanduan wisata di Labuan Bajo. Foto: iNewsFlores.id/Siprianus Robi

Labuan Bajo, iNewsFlores.id- Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) berkonsentrasi pada peningkatan kompetensi SDM bidang pariwisata dan penunjang lainnya di 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), yang salah satunya Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. 

"Hal ini sebagai tindak lanjut Rakornas 5 DPSP dipimpin oleh Menko Kemaritiman dan Investasi di Borobudur bulan lalu," terang Komisioner BNSP Bidang Sertifikasi Aldo Tobing dalam keterangan tertulis yang diterima awak media, Sabtu (05/08/2023). 

Pada 5 Agustus 2023, Aldo sendiri hadir menyaksikan kegiatan uji kompetensi yang dilaksanakan oleh LSP Pariwisata Komodo Flores. 

Uji kompetensi tersebut dalam rangka penambahan dan penyesuaian ruang lingkup skema sertifikasi kompetensi antara lain: bidang kantor depan, laundry, makanan dan minuman, pemandu wisata meseum, selam, arung jeram dan perjalanan wisata.

Aldo menjelaskan, kompetensi SDM merupakan bagian penting dalam pengembangan destinasi pariwisata karena terkait dengan penyambutan dan pelayanan.

Lebih lanjut, kata dia, sertifikasi kompetensi sebagai pengakuan kompetensi penting yang perlu ditingkatkan, baik kualitas maupun kuantitas.

Untuk itu dibutuhkan kolaborasi bersama antarpemangku kepentingan mulai dari lembaga pendidikan dan pelatihan, dunia kerja dunia industri dan lembaga sertifikasi profesi agar dapat berjalan maksimal. 

Sementara itu, Sigit Endrasetyawan perwakikan LSP Pariwisata Komodo Flores mengaku selama ini lembaganya telah mensertifikasi sebanyak 2,816 asesi di seluruh daratan Flores.

"Sesuai dengan kebutuhan maka LSP mengembangkan skema baru dan skema sesuai dengan standar Asean," terang Sigit.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut