Aksi Heroik Siswa SMPN di NTT Panjat Tiang untuk Selamatkan Bendera Viral di Medsos

Yoseph Mario Antogoni
.
Kamis, 18 Agustus 2022 | 19:25 WIB
Yohanes Efendi Jento (13), siswa SMPN 7 Lembor memanjat tiang bendera yang terbuat dari bambu, Rabu (17/08/2022), saat upacara penurunan bendera. Foto: iNewsFlores.id/Screenshot video

Labuan Bajo, iNewsflores.id - Aksi heroik seorang siswa memanjat tiang bendera karena tali putus saat Upacara HUT ke-77 RI viral di media sosial. 

Peristiwa itu terjadi di halaman Rumah Gendang Golo Karot, Kelurahan Tangge, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. 

Dalam video yang diunggah akun TikTok @ommo923, terlihat siswa tersebut tanpa melepaskan sepatunya dan langsung memanjat tiang untuk menyelematkan bendera lantaran talinya putus. 

Timotheus Nakapurnama, Penyuluh Keluarga Berencana Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (PKB BKKBN) di Lembor saat dihubungi iNewsflores.id, kamis (18/08/2022) mengungkapkan, kejadian itu terjadi saat apel penurunan bendera pada Rabu, 17 Agustus 2022 sore. 

Aksi heroik itu dilakukan oleh Yohanes Efendi Jento (13), siswa SMPN 7 Lembor, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat. 

"Dia manjat itu murni datang dari perasaannya sendiri tanpa ada yang suruh termasuk pa gurunya yang ada di situ, karena berisiko," kata Timotheus yang saat itu bertindak sebagai inspektur upacara. 

"Jadi tiba-tiba saja dia lari lewat di depan saya selaku inspektur upacara. Jujur kami semua cemas karena panjat tidak melepaskan sepatunya," imbuh dia. 

Diselenggarakan oleh Pakar Tulus

Timotheus mengatakan, apel penurunan bendera di halaman Rumah Gendang Golo Karot itu diselenggarakan oleh organisasi Pakar Tulus pimpinan Hery Hadis, seorang dosen di Atlantis International College. 

"Waktu apel itu memang mereka telah menghubungi saya sebelumnya untuk meminta menjadi pembina apel atau inspektur upacara dan waktu kejadian yang putus tali bendera itu, yang ada di tempat itu PNS murni hanya saya," katanya. 

Karena bangga dengan aksi heroik Yohanes, Timotheus dengan spontan memberikan sedikit uang sebagai ucapan terima kasih. 

"Dan yang luar biasanya setelah apel itu banyak yang menangis terharu karena tindakan spontan itu," katanya. 

Sementara dari Hery Hadis, menjanjikan setelah SMA Yohanes boleh masuk gratis ke di Kampus Atlantis International College.

Editor : Yoseph Mario Antognoni
Bagikan Artikel Ini