get app
inews
Aa
Read Next : Wisatawan Asal China Hilang di Long Pink Beach Belum Ditemukan, Pencarian Akan Dilanjutkan Rabu

Bos Air Minum Kemasan Jadi Orang Terkaya di China, Menggeser Jack Ma

Selasa, 20 September 2022 | 08:24 WIB
header img
Zhong Shanshan. Foto: (Screen Shot Youtube)

Beijing, iNewsFlores.id - Miliarder berusia 67 tahun Zhong Shanshan, bos air minum kemasan di China berhasil menduduki peringkat pertama orang terkaya di China.

Taipan air minum dalam kemasan Nongfu Spring ini, menggeser pendiri Alibaba Jack Ma.

Berdasarkan data Hurun China List 2021, Zhong menduduki peringkat pertama dalam daftar ini untuk pertama kalinya, dengan kekayaan bersih naik 7 persen menjadi sebesar 60,6 miliar dolar AS atau Rp858 triliun. Tahun lalu, dia berada di peringkat ketiga orang terkaya China. 

Dikutip dari Straits Times, kekayaan Zhong terus meningkat setelah melakukan pencatatan saham perdana (IPO) Nongfu Spring. Ia pun juga dikenal sebagai pemilik perusahaan farmasi Wantai Biological Pharmacy Enterprise, yang banyak mendapatkan pesanan untuk alat tes Covid-19.

Sementara Ma yang tahun lalu berada di peringkat teratas, tahun ini turun ke posisi kelima. Kekayaan Ma menyusut 36 persen menjadi 22,6 miliar atau Rp320 triliun. 

Ma dan Alibaba tidak disukai pemerintah China setelah dia mengkritik regulator keuangan negara itu pada akhir tahun lalu. Akibatnya, IPO anak usaha Alibaba, Ant Group ditangguhkan. Pemerintah China juga melakukan tindakan keras terhadap perusahaan teknologi China karena dugaan praktik monopoli. 

 

Sedangkan bos raksasa game dan pemilik WeChat Tencent Pony Ma turun dua peringkat ke posisi keempat karena pembatasan China pada video game. Tindakan pemerintah China membuat kekayaannya turun 19 persen. Adapun posisi kedua orang terkaya China ditempati pendiri TikTok Zhang Yiming dengan kekayaan 52,8 miliar dolar AS atau Rp747,6 triliun.

Peringkat ketiga ditempati Zeng Yuqun. Pendiri produsen baterai lithium Contemporary Aperex Technology Co Ltd (CATL) ini memiliki kekayaan sebesar 47,4 miliar dolar AS atau Rp671,2 triliun. 

 

Hurun yang menyusun daftar tersebut menyatakan, untuk pertama kalinya konglomerat di sektor properti dan real estate tidak berada di daftar 10 besar orang terkaya China tahun ini. Pendiri raksasa properti Evergrande Group Xu Jiayin atau Hui Ka Yan terlempar dari daftar 10 orang terkaya China. 

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut