Sekda Manggarai Segera Periksa Camat Reok Barat Terkait Polemik Perekrutan Perangkat Desa

Ronald Tarsan
.
Kamis, 22 September 2022 | 17:35 WIB
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Manggarai, Drs. Jahang Fansi Aldus saat memberikan keterangan pers di ruang kerjanya Kamis (22/9/2022). Foto: iNewsFlores.id/Ronald Tarsan

Ruteng, iNewsFlores.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai, Drs. Jahang Fansi Aldus mengatakan pemerintah akan segera memanggil Camat dan Sekretaris Camat Reok Barat untuk mendapatkan penjelasan lengkap terkait informasi perekrutan perangkat desa pada beberapa desa di Kecamatan Reok Barat.

Peristiwa perekrutan perangkat desa tersebut menjadi perhatian publik selama kurang lebih sepekan ini karena dinilai tidak transparan. Di mana terdapat dua pengumuman hasil tes yang berbeda yang dikeluarkan oleh tim penjaringan atau penyaringan tingkat kecamatan.

"Kita (Pemda) akan bentuk tim untuk memeriksa kasus ini. Kita akan panggil Pa Camat dan Sekcam-nya untuk diperiksa," ungkap Sekda Fansy Jahang saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (22/9).


Menurutnya, pemanggilan dan pemeriksaan oleh tim tersebut akan dilakukan pekan depan.
Sekda Fansy juga mengapresiasi perhatian publik pada kasus ini. Ia menambahkan, diskusi di berbagai media tentang peristiwa ini menandakan keterlibatan publik dalam pembangunan daerah. Namun dirinya berharap agar masyarakat tidak terburu-buru mengambil kesimpulan hanya berdasarkan informasi dari satu sumber saja.

"Saya kira diskusi yang ramai terkait proses seleksi di kecamatan Reok Barat ini menandakan bahwa kita sama-sama mencintai daerah ini. Kita mau sistem pemerintahan kita berjalan dengan baik, dan perhatian publik melalui diskusi itu adalah salah satu indikatornya. Kami mengapresiasi itu, tetapi harapannya, kita perlu mendengar fakta dari semua sisi dan bukan opini. Kami akan panggil Camat dan Sekcam Reok Barat untuk diperiksa," imbuh dia.

Sekda Fansy Jahang menjelaskan, saat ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Manggarai sudah mulai melakukan investigasi awal terkait peristiwa tersebut. "Nanti hasilnya seperti apa, kita cross check juga dengan hasil pemeriksaan terhadap camat dan sekcam-nya. Karena itu saya minta semua pihak untuk bersabar menanti sikap Pemda dalam mengatasi soal ini," tambahnya.

Untuk diketahui, penjelasan yang sama juga telah disampaikan oleh Sekda Fansy Jahang pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Manggarai, Rabu, 21 September 2022 pukul 19.00 Wita. "Memperhatikan fakta bahwa ada 2 (dua) pengumuman hasil tes yang dikeluarkan, maka Pemerintah Daerah akan membentuk tim yang ditetapkan dengan Keputusan Bupati guna melakukan identifikasi dan investigasi terkait dengan permasalahan tersebut," tegasnya.

Editor : Yoseph Mario Antognoni
Bagikan Artikel Ini