Logo Network
Network

Ingin Seleksi Jadi PPPK, Begini Cara Mendaftarnya

Fayha Afanin Ramadhanti
.
Kamis, 06 Oktober 2022 | 09:21 WIB
Ingin Seleksi Jadi PPPK, Begini Cara Mendaftarnya
Ilustrasi PNS.

Jakarta, iNewsFlores.id - Pemerintah pusat kembali membuka kesempatan bagi masyarakat untuk mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk tahun 2022. Pendaftaran pun juga dilakukan secara online.

Ayo buruan! Bagi masyarakat yang ingin mengikuti seleksi PPPK 2022 bisa login di sscasn bkn go. SSCASN atau Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara adalah situs resmi pendaftaran ASN secara nasional sebagai pintu pendaftaran pertama seleksi ASN ke seluruh Instansi baik Pusat maupun Daerah dan dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara RI.

Pelamar bisa mengakses Portal SSCASN di sscasn.bkn.go.id. Adapun seleksi pendaftaran yang dibuka di Portal SSCASN adalah Pendaftaran Sekolah Kedinasan (SekDin), CPNS dan PPPK untuk instansi baik pusat maupun daerah.

Nah untuk tahun ini, pemerintah membuka lowongan 530.028 PPPK di 2022. Sedangkan untuk seleksi CPNS dipastikan tidak ada pada tahun ini.

Jumlah tersebut merupakan total dari penetapan kebutuhan untuk instansi pusat sebanyak 90.690 dan instansi daerah sebanyak 439.338. Kebutuhan daerah terinci sebanyak 319.716 PPPK Guru, 92.014 PPPK Tenaga Kesehatan, dan 27.608 PPPK Tenaga Teknis.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengatakan, salah satu prioritas pemerintah saat ini adalah penataan tenaga non-ASN. Karenanya, penetapan kebutuhan ASN tahun 2022 sekaligus menjadi komitmen nyata pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan guru dan tenaga kesehatan secara nasional.

"Arah kebijakan pengadaan ASN tahun 2022 kita fokus pada pelayanan dasar yaitu guru dan tenaga kesehatan. Fokus lainnya adalah keberpihakan kepada eks tenaga honorer kategori II (THK-II)," kata Menteri Anas.

Anas menguraikan, saat ini fenomena yang terjadi secara nasional adalah penyebaran ASN tidak merata dan masih menumpuk di kota besar. Sementara proses rekrutmen, penyebaran, dan kebutuhan tiap tahun sudah sangat transparan.

Dia menegaskan bahwa arahan Presiden RI Joko Widodo sangat jelas, yaitu pemerataan SDM ASN. Rekrutmen pun harus jelas dan akuntabel.

Hal ini menyebabkan distribusi ASN menjadi tidak merata, disamping alasan karena minimnya pendaftar calon ASN di daerah-daerah terpencil. Anas berharap bahwa ASN bukan menjadi ladang mencari pekerjaan tetapi untuk pengabdian dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Tetapi setelah diterima banyak yang minta pindah ke kota lain. Maka setiap tahun banyak tempat di luar Pulau Jawa yang kekurangan nakes dan guru," ujar mantan Bupati Banyuwangi tersebut.

Adapun pendaftaran dilakukan secara online melalui portal Sistem Seleksi Calon ASN atau SSCASN dengan link https://sscasn.bkn.go.id.

Selain itu, beberapa dokumen yang wajib Anda lengkapi untuk mendaftarkan diri pada seleksi CPNS 2021 adalah:

1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

2. Kartu Keluarga (KK)

3. Pas foto

4. Ijazah asli

5. Surat lamaran

6. Surat pernyataan

7. Dokumen lainnya sesuai ketentuan instansi yang akan dilamar

"Jadi masalahnya tidak hanya kekurangan tetapi juga penyebaran. Padahal Pak Presiden sangat memperhatikan luar Pulau Jawa," ungkap Anas.

Ketimpangan ini bukan semata-mata perkara jumlah saja, tetapi adanya fenomena ASN yang suka berpindah-pindah ketika mereka sudah masuk menjadi ASN.

Berita ini sebelumnya sudah ditayangkan di okezone.com dengan judul "Mau Ikut Seleksi PPPK 2022, Buruan Login sscasn.bkn.go.id."

Berikut ditampilkan link aslinya, https://economy.okezone.com/read/2022/10/06/320/2681576/mau-ikut-seleksi-pppk-2022-buruan-login-sscasn-bkn-go-id?page=2

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News

Bagikan Artikel Ini