Hujan Sedang-Lebat di Labuan Bajo Masih Berlangsung, Ini Imbauan BMKG

Gecio Asale
.
Senin, 10 Oktober 2022 | 17:17 WIB
Kepala Stasiun Meteorologi Komodo Manggarai Barat, Sti Nenotek. Foto: iNewsFlores.id/Gecio Asale

Labuan Bajo, iNewsFlores.id - Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, masih berlangsung hingga beberapa hari ke depan di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Senin (10/10/2022). 

Hujan sedang-lebat itu disertai petir dan angin kencang. 

Demikian disampaikan Kepala Stasiun Meteorologi Komodo Manggarai Barat, Sti Nenotek saat dikonfirmasi iNewsFlores.id

"Untuk hujan dengan inyensitas ringan hingga lebat ini masih terjadi dua sampai tiga hari ke depan," katanya. 

Sti mengatakan, hujan dengan intensitas sedang-lebat diprediksi pada siang atau sore hari. 

Diberitakan sebelumnya, Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) dilanda hujan sedang-lebat, Senin (10/10/2022). 

Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika Stasiun Meteorologi Komodo Mabar menyebutkan, hujan dengan intensitas sedang-lebat dapat disertai petir dan angin kencang. 

Dalam keterangan di WhatsApp Group (WAG) Info Layanan BMKG Mabar, kondisi cuaca tersebut terjadi di 12 kecamatan yang berada di Kabupaten Mabar. 

Belasan kecamatan tersebut yakni, Komodo, Boleng, Mbeliling, Sano Nggoang, Macang Pacar, Pacar, Welak, Kuwus, Kuwus Barat, Ndoso, Lembor dan Lembor Selatan. 

Kepala Stasiun Meteorologi Komodo Manggarai Barat, Sti Nenotek mengimbau, agar masyarakat lebih berhati-hati dalam kondisi cuaca tersebut. 

Intensitas sedang-lebat yang disertai petir, lanjut Sti, diharapkan agar masyarakat tidak beraktivitas di luar ruangan rumah maupun gedung kantor. 

"Untuk sementara jangan beraktivitas di luar ruangan, kalau ada masyarakat yang sekarang berada di luar ruangan, jangan berlindung di bawah pohon," katanya. 

Lebih lanjut, Sti menjelaskan, untuk kapal-kapal yang lagi berlayar di sekitar perairan di Kabupaten Mabar untuk menepi ke pulau-pulau kecil, setelah hujan selesai barulah dapat melanjutkan pelayaran. 

"Karena hujan ini disertai angin kencang yang bertiup secara tiba dan meningkatkan gelombang tinggi," katanya. 

Pantauan iNewsFlores.id di Labuan Bajo, aktivitas warga di sejumlah jalan protokol terpantau sepi. 

Hanya terlihat beberapa kendaraan roda empat dan pengendara kendaraan bermotor roda dua yang melintas di jalan protokol seperti di Jln Van Bekkum, Jln Soekarno-Hatta Atas, Jln Soekarno-Hatta Bawah dan Jln Trans Flores serta jalan protokol lainnya. 

 

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News

Bagikan Artikel Ini