Jakarta, iNewsFlores.id - Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) menggandeng PT. Asuransi Jasaraharja Putera dengan melakukan PKS (Perjanjian Kerja Sama) tentang Pengembangan Sistem Kolaborasi Pemasaran Produk Asuransi Bagi Wisatawan dan Layanan Destinasi Wisata Berbasis Digital, Senin (10/10/2022), di Kantor Pusat Jasa Raharja di Jakarta.
Penandatangan kerjasama tersebut dilakukan dalam rangka mendukung pengembangan sektor pariwisata di kawasan Labuan Bajo dan sekitarnya, dan merupakan perluasan dari PKS sebelumnya tentang Penutupan Asuransi Kecelakaan Bagi Wisatawan yang ditandatangani kedua belah pihak pada 5 Februari lalu.
Direktur Utama PT Asuransi Jasaraharja Putera, Bambang Isworo menjelaskan, penandatanganan PKS dilakukan dengan memperluas lingkup kerjasama dari PKS sebelumnya menjadi kolaborasi pengembangan sistem platform digital untuk branding produk destinasi wisata dan produk asuransi keselamatan wisatawan dalam satu platform digital.
"Dengan mengembangkan sistem platform digital kami harapkan wisatawan dapat memperoleh manfaat asuransi sebagai jaminan keamanan dan kenyamanan saat berkunjung. Dengan begitu, bagi wisatawan yang tiba di Labuan Bajo dan ingin berwisata ke daerah lain, seperti Ruteng, Ende, dan seterusnya akan tercover asuransi selama 7 hari. Wisatawan dapat mengakses informasi seputar destinasi wisata dan sekaligus asuransi dalam satu platform tersebut", jelas Bambang Isworo.
Selain pengembangan sistem platform digital, perluasan lingkup kerjasama antara kedua belah pihak sepakat untuk memperluas wilayah cover asuransi yang sebelumnya hanya untuk 3 Kabupaten di Manggarai Raya menjadi seluruh kawasan Floratama (Flores, Alor, Lembata, dan Bima) yang merupakan wilayah koordinatif BPOLBF. Kolaborasi dikemas dalam satu platform digital yang saling terhubung antar destinasi wisata di wilayah koordinatif BPOLBF dan asuransi sebagai produk Jasaraharja Putera.
Senada, Direktur Utama BPOLBF, Shana Fatina dalam kesempatan tersebut menjelaskan, PKS bersama Jasaraharja Putera dilakukan dalam rangka mengembangkan sistem Ticketing Management berbasis digital.
"Jadi bagaimana satu platform digital ini dapat memberikan akses informasi dan produk destinasi di kawasan Floratama dan sekaligus juga sudah men-cover asuransi keselamatan Si Wisatawan", jelas Shana.
Shana melanjutkan, saat ini BPOLBF juga terus berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk memastikan jaminan kenyamanan, keamanan, dan kemudahan bagi wisatawan salah satunya dengan adanya jaminan asuransi melalui Jasaraharja Putera.
"BPOLBF terus berkolaborasi dengan berbagai pihak, selain memastikan kesiapan destinasi baik aspek 3A dan kesiapan SDM, tetapi juga hadir untuk memastikan kenyamanan dan keamanan bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke kawasan Floratama melalui penyediaan fasilitas berupa jaminan asuransi keselamatan sebagai bagian dari bentuk pelayanan prima", ujar Shana.
Sesuai kesepakatan, BPOLBF menginisiasi sistem _'single ticketing'_ yang di dalamnya sudah termasuk dengan premi asuransi keamanan dan keselamatan untuk wisatawan yang berkunjung di wilayah Floratama (Flores, Alor, Lembata, dan Bima) dalam Floratama Travel Pass, untuk diversifikasi produk aktivitas wisata, meningkatkan lama tinggal dan belanja wisatawan, serta memfasilitasi desa wisata maupun pokdarwis dengan akses lebih luas.
Dalam kesepakatan tersebut juga menjelaskan peran PT. Asuransi Jasaraharja Putera sebagai pihak kedua yang akan memfasilitasi penyediaan sistem Ticketing Management secara elektronik kepada BPOLBF.
Perjanjian tersebut berlaku selama 5 tahun dan akan dievaluasi setiap tahun.
PT. Asuransi Jasaraharja Putera sendiri merupakan anak perusahaan Jasa Raharja yang merupakan anggota IFG (Indonesian Financial Group) Holding BUMN Asuransi dan Penjaminan. PT. Asuransi Jasaraharja Putera juga terdaftar dan diawasi OJK.
Editor : Yoseph Mario Antognoni