get app
inews
Aa Read Next : PPK 3.4 Jalan Nasional Ngada Manggarai Bentuk Tim Pemantau Jalan

Aksi Sopir Kumpul Uang Rp 100 Ribu Demi Melintasi Jalan Rusak

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 13:25 WIB
header img
Sejumlah sopir saat menurunkan material di lokasi untuk memperbaiki jalan rusak. Foto: iNewsFlores.id/Ronald Tarsan

Ruteng, iNewsFlores.id - Sejumlah sopir yang merupakan warga kampung Golo Worok dan Wela, Desa Golo Worok, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) secara swadaya melakukan aksi kumpul uang untuk memperbaiki ruas jalan di Puar Lewe. Jalan ini merupakan jalur penghubung antara Kabupaten Manggarai dan Manggarai Barat.

Aksi spontanitas yang dilakukan oleh sejumlah sopir tersebut rupanya dipicu oleh kondisi badan jalan yang tampak sudah rusak parah hingga sulit dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Selain itu, aksi perbaikan badan jalan itu juga dilakukan karena para sopir yang sehari-hari melintasi jalur tersebut merasa bahwa pemerintah tidak memperhatikan kondisi badan jalan tersebut.

Dionisius Jehadun, seorang sopir travel yang juga warga Desa Golo Worok mengatakan, perbaikan badan jalan tersebut dilakukannya dengan sejumlah sopir atas dasar inisiatif sendiri. Mereka memperbaiki badan jalan tersebut mengunakan coran semen dengan peralatan dan material seadanya. 

"Kami memperbaiki badan jalan yang rusak ini dengan menggunakan material seadanya, berupa pasir, semen dan batu yang diangkut dengan menggunakan mobil pick up," kata Dionisius kepada wartawan Sabtu (22/10/2022).

Dionisius mengaku, dirinya bersama teman-teman sopir lainnya terpaksa mengumpulkan uang sebesar Rp100. 000 per orang untuk membeli material semen, pasir dan batu.

"Dana yang berhasil terkumpul sekitar satu juta lebih pak dan itu diberikan secara suka rela tanpa adanya paksaan. Selain itu, untuk dana tambahan lainnya itu diberikan secara sukarela oleh para sopir yang kebetulan melintasi badan jalan yang kita perbaiki pak," sambungnya.

Dionisius berharap, pemerintah bisa membuka mata dan segera turun untuk memperbaiki ruas jalan yang audah rusak di jalur tersebut.

"Kita berharap, nanti ada respon dari pemerintah, agar badan jalan yang rusak di jalur ini bisa diperbaiki," ujarnya.

Informasi yang diperoleh wartawan pada Sabtu (22/10/2022) para sopir juga melakukan perbaikan di sejumlah titik kerusakan lainnya di ruas jalan tersebut.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut