Kukuhkan Satpolairud Polres Manggarai Barat, Kapolda NTT Johni Asadoma Dorong Pelayanan Optimal

Gecio Asale
.
Kamis, 03 November 2022 | 14:36 WIB
Suasana pengguntingan pita sebagai tanda pengukuhan Satpolairud Polres Manggarai Barat oleh Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma didampingi Bupati Manggarai Barat, Edi Endi, Rabu (2/11/2022). Foto: iNewsFlores.id/Gecio Asale

Labuan Bajo, iNewsFlores.id - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Kapolda NTT), Irjen Pol Johni Asadoma melakukan kunjungan kerja (kunker) perdana ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Rabu (2/11/2022). 

Kunker tersebut dalam rangka pengukuhan Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolairud) Polres Manggarai Barat.

Dalam sambutannya, jenderal polisi bintang dua itu mendorong agar kepolisian memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat di Kabupaten Manggarai Barat dalam hal tugas kepolisian di area perairan. 

"Kehadiran Satpolairud akan memberikan kontribusi yang sangat besar dalam menjaga ketertiban dan keamanan wilayah di Manggarai Barat,  khususnya di wilayah laut khususnya memberikan perlindungan, pencarian, pertolongan kepada masyarakat saat mengalami musibah," tandas Irjen Pol Johni Asadoma yang sebelumnya menjabat sebagai mantan Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadivhubinter) Polri. 

Di lain sisi, kesatuan yang dibentuk berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor 1.059 Tanggal 8 Agustus 2022 tentang Pembentukan Satpolairud Polres Manggarai Barat itu diharapkan dapat meningkatkan pelayanan bagi wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung ke Labuan Bajo. 

Di akhir sambutannya, Kapolda NTT juga menyampaikan terima kasih atas dukungan masyarakat, pemerintah daerah, tokoh masyarakat dan tokoh adat di Manggarai Barat. 

"Kami berharap sinergitas yang terbangun ini terus kita tingkatkan, karena tanpa kerja sama tidak mungkin kita dapat memberikan pelayanan terbaik, memenuhi harapan masyarakat terkait kinerja kita sebagai aparat negara," katanya. 

Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas perhatian institusi kepolisian yang telah meningkatkan pelayanan melalui pembentukan Satpolairud Polres Manggarai Barat. 

Menurutnya, personel Satpolairud Polres Manggarai Barat nantinya bertugas akan membuat Labuan Bajo sebagai destinasi pariwisata super premium semakin aman dan nyaman untuk dikunjungi. 

"Di Labuan Bajo, kehadiran Satpolairud sangat strategis, di tengah negara telah menetapkan Labuan Bajo sebagai satu dari lima destinasi super prioritas, Pak Presiden sendiri sebut Labuan Bajo bukan hanya super prioritas, tetapi super premium. Tentu kita semua dituntut untuk menjamin wisatawan nusantara dan mancanegara merasakan nyaman selama berwisata di tempat ini," kata bupati yang akrab disapa Edi Endi itu. 

Bupati Edi Endi juga mengharapkan, hadirnya Satpolairud Polres Manggarai Barat akan lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat pesisir dan kepulauan. 

"Termasuk, ada kecelakaan laut, maka seketika itu juga negara hadir, lebih-lebih kepolisian hadir menyelematkan jiwa dan raga orang-orang yang mengalami musibah," katanya. 

Kapolres Manggarai Barat, AKBP Felli Hermanto mengatakan, tidak hanya menjamin kenyamanan dan keamanan bagi wisatawan, Satpolairud nantinya akan meningkatkan pelayanan masyarakat dan mencegah berbagai pelanggaran di perairan. 

"Bertujuan juga untuk penyelenggaraan fungsi k, epolisian meliputi patroli perairan dan membina masyarakat masyarakat perairan serta transportasi Kepolisian di perairan," katanya. 

 

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News

Bagikan Artikel Ini