Logo Network
Network

Pameran Ekraf Exotic NTT Pasar Floratama Dorong Semangat Enterpreneurship Bagi Masyarkat Lokal NTT

Gecio Asale
.
Sabtu, 05 November 2022 | 14:26 WIB
Pameran Ekraf Exotic NTT Pasar Floratama Dorong Semangat Enterpreneurship Bagi Masyarkat Lokal NTT
Suasana Pameran Ekraf Exotic NTT Pasar Floratama di Gedung Sarinah, Jl. M.H. Thamrin Jakarta Pusat, 4-6 November 2022. Foto: iNewsFlores.id/Gecio Asale

Jakarta, iNewsFlores.id - Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) kembali menghadirkan Pameran Ekraf Exotic NTT Pasar Floratama di Gedung Sarinah, Jl. M.H. Thamrin Jakarta Pusat, 4-6 November 2022, setelah sebelumnya menggelar Pameran Exotic NTT pada Oktober tahun 2021. 

Resmi dibuka oleh Direktur Utama BPOLBF, Shana Fatina, pameran Exotic bertujuan untuk mengenalkan produk parekraf NTT kepada pasar nasional, meningkatkan awareness terhadap produk pariwisata, ekonomi kreatif dan budaya di NTT, meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui penjualan produk ekraf, serta mendorong semangat enterpreneurship bagi masyarkat lokal NTT. 

Pameran Exotic NTT Pasar Floratama kali ini melibatkan 20 UMKM di bidang kuliner, kriya, dan fashion. UMKM yang disertakan berasal dari binaan BPOLBF, Bank Indonesia NTT, Bank NTT, dan Telkom Indonesia yang sudah dikurasi baik yang tergabung dalam Floratama Academy, Akunitas, Dekranasda provinsi/kabupaten dan komunitas UMKM kabupaten di wilayah Floratama. 

Selain itu ada pula aktivitas cupping test yang menyajikan varian rasa biji kopi yang ada di daratan Flores secara cuma-cuma kepada para pengunjung. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno juga turut memberi sambutannya secara online. Meskipun tidak hadir secara langsung, Menparekraf sangat mengapresiasi BPOLBF dengan terselengggaranya Pameran Ekraf Exotic NTT Pasar Floratama. 

"Saya memberikan apresiasi kepada Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores, Bu Shana dan jajarannya atas terselenggaranya Ecotic NTT Pasar Floratama, dengan semangat inovasi, adaptasi dan kolaborasi mendukung gerakan bangga buatan Indonesia. Mari kita dorong pemasaran produk parekraf di Floratama" ujar Sandi. 

Dirut BPOLBF juga menyampaikan rasa bangga dan senang karena dapat kembali hadir di Jakarta untuk kembali membawa produk-produk UMKM ke Pasar Nasional sekaligus mengajak para pengunjung untuk berbelanja dan menikmati produk-produk UMKM pasar Floratama 

"Kali ini kami membawa 20 UMKM ke Jakarta semoga produknya dapat diterima oleh teman-teman sekalian, jangan lupa dicoba dan dibeli ya," ajak Shana 

Sebagai penyedia venue, Ira Hendarwati selaku perwakilan dari Sarinah Group juga menyatakan rasa bangga karena Sarinah menjadi tempat memamerkan produk UMKM terpilih. 

"Sarinah tentunya sangat bangga sebagai tempat terselenggaranya pameran Exotic NTT , semuanya wajib datang ke Labuan Bajo dan daerah di NTT lainnya karena sangat luar biasa, saya saksinya," jelas Ira.

Berbagai performance budaya NTT, talkshow kopi Flores, dan game seru bagi para pengunjung pameran juga dihadirkan dalam pameran ini. Berbagai atraksi ini, selain untuk mendulang antusiasme pengunjung, juga diadakan untuk memberikan edukasi tentang kekayaan produk ekraf Flores, Alor, Lembata, dan Bima (Floratama). 

Pameran ini juga dihadiri secara langsung oleh Bupati Manggarai Timur Andreas Agas dan Direktur Komunikasi dan Kemitraan Kehati, Tika Anggraini. 

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.