get app
inews
Aa Read Next : Menparekraf Sebut Tiga Penerbangan Luar Negeri ke Labuan Bajo sudah Finalisasi

Sandiaga Uno Sebut Labuan Bajo Siap Selenggarakan Event Kelas Dunia

Kamis, 11 Mei 2023 | 14:41 WIB
header img
Menparekraf/Kabaparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno saat melakukan konferensi pers di Media Center Hotel Bintang Flores, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Rabu (10/5/2023). Foto: iNewsFlores.id/ Siprianus Robi.

Labuan Bajo, iNewsFlores.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebut Labuan Bajo siap menyelenggarakan even-even kelas dunia seperti KTT ASEAN.

Hal itu sampaikan saat melakukan konferensi pers di Media Center Hotel Bintang Flores, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Rabu (10/5/2023).

"Jadi kami menyakini bahwa Labuan Bajo siap menyelenggarakan even-even kelas dunia seperti KTT ASEAN ini," ungkap Menteri Sandi kepada sejumlah awak media di Hotel Bintang Flores, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Rabu (10/5/2023).

"Dan kami akan ikut bidding dibeberapa kesempatan dimasa yang akan datang untuk menjadikan Labuan Bajo menjadi destinasi yang terkenal," tambahnya.

Menurut Menteri Sandi, Labuan Bajo adalah pariwisata yang unik, destinasi yang spesial yang kita menyebutnya destinasi super prioritas.

Ia juga menyebut, akomodasi bagi para wisatawan yang datang ke Labuan Bajo memiliki banyak pilihan, antara lain, hotel-hotel dan resort, home stay ada sarana hunian pariwisata, ada desa-desa wisata dan juga ada live on board yang menjadi bagian daripada atraksi dan juga penyediaan akomodasi bagi wisatawan.

"Ini yang perluh kita sosialisasikan dan edukasikan kepada wisatawan bahwa mereka memiliki opsi," ungkapnya.

Sementara, terkait dengan penyelenggaraan even KTT ke 42 ASEAN Summit di Labuan Bajo, Menteri Sandi mengatakan ada kebangkitan yang sangat kuat terhadap kunjungan wisatawan potensi dari kenaikan ini akan membangun suatu pencapaian target wisatawan mancanegara bisa mencapai 8,5 juta tahun ini.

Dijelaskannya juga dari Labuan Bajo sendiri total target tahun 2023 antara 300 sampai 350 ribu kunjungan wisatawan, mungkin akan naik menjadi 10-15 persen yang ditopang dari peralatan KTT ke 42 ASEAN ini.

"Kita harus pastikan event ini akan diikuti oleh event-even nasional dan internasional yang akan terbagi bukan hanya di musim sibuk tetapi juga di musim yang kita prediksi yang jumlah wisatawannya menurun. Oleh karena itu tugas kami, untuk menciptakan even-even sepanjang tahun sehingga target kit di tahun  2024 untuk mencapai 4,4 juta lapangan kerja baru di pariwisata ekonomi kreatif ini bisa tercapai," ungkapnya.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut